Jaya Negara Hadiri Pemelaspasan Wantilan Kahyangan Banjar Tohpati

Header Menu

BALIKINI.NET | BERIMBANG, OBYEKTIF, BERBUDAYA
Cari Berita

Advertisement


Jaya Negara Hadiri Pemelaspasan Wantilan Kahyangan Banjar Tohpati

Bali Kini
Selasa, 26 Maret 2019
Loading...

Foto :Wakil Walikota Denpasar, IGN. Jaya Negara menghadiri karya pemelaspas Wantilan Pura Kahyangan Tohpati  Selasa (26/3).
Denpasar,Balikini.Net - Wakil Walikota Denpasar, IGN. Jaya Negara menghadiri karya pemelaspas Wantilan Pura Kahyangan Tohpati Desa Kesiman Kertalangu, Selasa (26/3).

Pelaksanaan pembangunan wantilan pura sejak tahun 2018 telah rampung secara keseluruhan, maka dari itu krama Banjar Tohpati Desa Kesiman Kertalangu melaksanakan karya melaspas bertepatan dengan rahina Anggarkasih Perangbakat.  

Wakil Walikota Denpasar, I.GN Jaya Negara mengatakan Kota Denpasar sebagai kota berwawasan budaya tentu denyut kehidupan masyarakatnya tak pernah lepas dari aktivitas adat, seni dan kebudayaan yang kuat.

“Pemelaspasan wantilan ini diharapkan mampu membawa krama banjar kedalam kesejahteraan dan kebaikan jasmani maupun rohani agar dapat terus mendukung pembangunan di Kota Denpasar yang kita cintai ,” ujarnya. 

Kelihan Banjar Tohpati, Desa Kesiman Kertalangu, Ketut Mandiarta mengungkapkan rangkaian upacara melaspas wantilan diawali dengan mecaru. Upacara yang dirangkai dengan persembahan tari rejang oleh anak-anak dan ibu PKK banjar setempat terasa sangat khusuk diiringi dengan tetabuhan dari ibu-ibu PKK setempat.

“Kami sangat bersyukur kehadapan Ida Shang Hyang Widhi Wasa karena rangkaian upacara ini dapat terlaksana dengan baik dan lancar,” ujarnya.

Lebih lanjut Mandiarta menuturkan pembangun wantilan ini dimulai sejak Tahun 2018 hingga proses upakara hari ini . Pembangunan wantilan ini merupakan Bantuan dari APBD Kota Denpasar serta bantuan dana dari masyarakat Banjar Tohpati.

“Kami sangat berterima kasih kepada Pemerintah Kota Denpasar beserta jajaran atas bantuan yang diberikan, selain itu kami juga berterima kasih kepada seluruh pihak yang telah membantu dalam rangkaian kegiatan ini hingga selesai.  Kami berharap dengan selesainya pembangunan wantilan ini, Ida Shang Hyang Widhi Wasa melimpahkan kerahayuan bagi seluruh krama banjar kami,” ungkapnya.  (Eka/r4)