-->

Selasa, 26 Maret 2019

Pecalang Akan Diberikan Pelatihan Kanuragan

Pecalang Akan Diberikan Pelatihan Kanuragan

Denpasar,Balikini.Net -Keberadaan Pecalang dalam Desa Adat memiliki peran yang tak bisa dipisahkan. Hanya saja, selama inu para Pecalang tidak mendapatkan apa-apa dalam menjalankan tugasnya alias Ngayah (keikhalasan).

Salah satu organisasi masyarakat di Bali Paiketan Krama Bali (PKB) mengusulkan kepada Pansus Raperda Desa Adat supaya Pecalang mendapat gaji. "Tyang usulkan kepada Pansus supaya pecalang bisa mendapat gaji," ujar perwakilan PKB Nyoman Merta saat mengikuti sosialisasi Raperda Desa Adat yang mengundang Pecalang se-Bali di Wantilan DPRD Bali, Senin (25/03).

Menurutnya, Pecalang dalam menjaga keamanan Desa Adat juga patut mendapatkan perhatian dan kesejahteraan. Maka dari itu, pihaknya meminta kepada Pansus agar mengakomodir dalam Pasal di Raperda Desa Adat. "Kalau bisa nike Pak, bisa dimasukkan dalam Raperda. Entah istilahnya honor, gaji, atau apa saja. Yang penting kesejahteraan Pecalang diperhatikan," pintanya.

Kendati demikian, persoalan gaji bagi para pecalang jangan sampai memberatkan Desa Adat ataupun Pemerintah Daerah. Bisa disesuaikan dengan kemampuan anggaran masing-masing daerah.

Terakhir, Nyoman Merta menambahkan pelatihan kanuragan Bali Lawas juga perlu diberikan kepada para Pecalang. Kemampuan Beladiri sangat dibutuhkan untuk menjaga diri dari hal-hal yang tidak diinginkan. Dp/r2

Read other related articles

Also read other articles

© Copyright 2021 BALIKINI.NET | BERIMBANG, OBYEKTIF, BERBUDAYA | All Right Reserved