Pemkab Klungkung gelar Upacara Mepepada

Header Menu

BALIKINI.NET | BERIMBANG, OBYEKTIF, BERBUDAYA
Cari Berita

Advertisement


Pemkab Klungkung gelar Upacara Mepepada

Bali Kini
Selasa, 05 Maret 2019

Klungkung,Balikini.Net - Sehari sebelum Upacara Tawur Kesanga, diadakan upacara Mapepada dengan tujuan untuk menyucikan semua jenis wawalungan (hewan sarana upacara) yang bakal dipergunakan dalam upacara tawur kasanga serangkaian menjelang pelaksanaan hari Raya Nyepi tahun Caka 1941. Upacara Mepepada yang dipusatkan di Perempatan Catus Pata Perempatan Agung Kabupaten Klungkung, Selasa (5/3/2019).

Pada Upacara Mepepada kali ini, Desa Nyanggelan, Banjarangkan bertindak selaku pengrajeg (pelaksana) karya. Binatang-binatang tersebut disucikan, didoakan dan dituntun murwa daksina berputar 3 kali putaran arah jarum jam mengelilingi Patung Kanda Pat Sari dengan iringan gamelan baleganjur.

Pengenter Upacara Dewa Soma menyatakan upacara ini menggunakan berbagai jenis wawalungan dan sarana lainnya. Semua jenis wawalungan dan sarana lainnya, yang nantinya akan digunakan terlebih dahulu disucikan melalui upacara Mapepada. “Proses purwa daksina ini untuk mendoakan agar dikehidupannya yang akan datang bisa lebih baik lagi,” ujarnya.

Upacara Mapepada dipuput Sulinggih Ida Dalem Surya Dharma Sogata dari Puri Agung Klungkung dan dihadiri Wakil Bupati Klungkung I Made Kasta dan Ny. Sri Kasta didampingi Kepala Dinas Kebudayaan Kepemudaan Dan Olahraga (Budpora) I Nyoman Mudarta, Jajaran OPD Di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Klungkung, dan Masyarakat Kabupaten Klungkung serta Undangan terkait lainnya.*