Bimbingan Teknis Sekdes seKabupaten Jembrana

Header Menu

BALIKINI.NET | BERIMBANG, OBYEKTIF, BERBUDAYA
Cari Berita

Advertisement


Bimbingan Teknis Sekdes seKabupaten Jembrana

Bali Kini
Senin, 29 April 2019
Loading...

Bupati Artha Berterima kasih Pemilu Damai

Jembrana,Balikini.Net - Bimbingan Teknis (Bimtek) bagi sekretaris desa se- Kabupaten Jembrana dibuka langsung oleh Bupati Jembrana, I Putu Artha, Senin (29/4) di Gedung Kesenian Bung Karno, kemarin. Mengambil tema ‘Tata kelola keuangan desa, pengolahan sampah dan sistem informasi desa’, dan  Didampingi oleh Wakil Bupati I Made Kembang Hartawan,  Ketua DPRD Kabupaten Jembrana, I Ketut Sugiasa yang juga selaku pemateri di hari pertama serta kepala dinas PMD, Wayan Sujana, pada kesempatan tersebut, Bupati Artha membuka Bimtek dengan ucapan terimakasih kepda peserta yang didapuk mewakili masing-masing desa di Jembrana atas lancarnya pelaksanaan pemilu di Kabupaten Jembrana. “saya ucapkan terima kasih pelaksanaan pemilu kemarin di kabupaten jembrana berjalan dengan damai dan aman baiik di desa, kelurahan hingga kecamatan” ujar bupati Artha.

Dalam kesempatan tersebut, Bupati Artha juga berpesan, agar para sekdes sebagai orang nomor 2 di Desa harus benar-benar mampu memahami potensi desa dan tata kelola keuangannya. “Apalagi terkait Dana desa, sekdes harus memahami betul neraca keuangan dan pengelolaan keuangan di desa, bantu kepala desa dalam penganggaran dan pengelolaan, berikan rambu-rambu mana yang boleh dan mana yang tidak” lanjut Artha.

Senada dengan harapan Bupati, Wakil Bupati Made Kembang Hartawan yang juga didapuk sebagai pengisi materi pada bimtek  tersebut meng-iya-kan pentingnya peningkatan kompetensi pengelolaan keuangan dan sistem informasi desa bagi sekdes dalam menerjemahkan cita-cita kepala desa dalam membangun desa dan membaca potensi desa, utamanya dalam pengelolaan sampah. “Sampah adalah masalah kita bersama dan harus diselesaikan dari skala rumah tangga. Beberapa desa di jembrana sudah berhasil dalam pengelolaan sampah ini, saya harap desa lain bisa menyusul keberhasilan ini, caranya sudah tentu dengan belajar dan mencontoh yang sudah berhasil” ujar Kembang.

Kepala dinas PMD, I Wayan Sujana mengatakan, kegiatan Bimtek ini dilakukan selama 2 hari dan akan dilanjutkan dengan pelaksanaan studi tiru ke Jawa Timur selam 4 hari mulai tanggal 1 hingga 4 Mei mendatang.*/rls