Bupati Mas Sumatri Tinjau Pembuatan Jembatan Batu Dawa

Header Menu

BALIKINI.NET | BERIMBANG, OBYEKTIF, BERBUDAYA
Cari Berita

Advertisement


Bupati Mas Sumatri Tinjau Pembuatan Jembatan Batu Dawa

Bali Kini
Kamis, 04 April 2019

Karangasem,Balikini.Net  - Bupati Karangasem terjun langsung meninjau pembuatan Jembatan yang menghubungkan Banjar Mekar Sari dan Banjar Apad Sari, Dusun Batudawa Kaja, Ds. Tulamben, Kecamatan Kubu, Karangasem, Rabu, (3/4/2019).

Akses utama warga yakni jembatan sepanjang 3 meter dan lebar 3 meter yang menghubungkan dua banjar itu putus lantaran diterjang aliran Tukad Apad yang disebabkan oleh hujan lebat pada 6 Januari 2019 lalu. Dalam kejadian tersebut Warga dilingkungan Apad Sari sempat terisolir.

Bupati Mas Sumatri mengatakan, Pemerintah Karangasem juga memberikan perhatian yang serius terhadap jembatan Batu Dawa yang terus menerus amblas.  Ia meminta kepada Dinas PUPR secepat mungkin menganggarkan dana untuk pembuatan jembatan ini, agar warga bisa mengakses jalan dengan aman dan nyaman. " Ini kan akses utama warga banjar Apad Sari dan banjar Mekar Sari. Jangan sampai mereka terisolir",harapnya.

Bupati Mas Sumatri juga menegaskan, perbaikan jalan ini memang masuk prioritas utama, karena akses jalan yang saat ini diperbaiki merupakan satu-satunya jalur evakuasi warga jika terjadi erupsi Gunung Agung.

Kalaksa BPBD Karangasem Ida Bagus Ketut Arimbawa menjelaskan, Jembatan Batu Dawa yang putus,sebelumnya sempat dibuatkan jembatan sementara dengan material karung berisikan pasir. Namun hal ini tidak efektif, dikarenakan selalu tergerus  air yang debitnya bertambah saat musim hujan. "Selalu jebol setiap hujan deras, bahkan sudah 3 kali seperti itu",ungkapnya.

Ia juga mengatakan, setelah kejadian tersebut, kini jembatan dibangun dengan batu dan kawat bronjong. Pembuatan jembatan dengan kawat beronjong , sudah dilaksanakan selama 3 hari hingga hari ini.  

Sementara itu,mengetahui kedatangan orang nomor satu di Bumi Lahar datang ke lokasi pengerjaan jembatan, salah satu warga Apad Sari I Wayan Suastika menyampaikan ucapan terimakasihnya. Ia sangat senang,karena dengan dibangunnya jembatan ini,dapat melancarkan kembali aktivitas 130 Warga di Apad Sari. Harapannya,dalam proses pengerjaan hingga selesai nanti, Pemerintah Daerah segera menurunkan alat berat,mengingat selama ini pembuatan jembatan dibantu masyarakat hanya dengan sistem gotong royong.

Turut mendampingi pada saat pengecekan yaitu Sekda Kab. Karangasem, Kalaksa BPBD Kab. Karangasem, Sekertaris Pelaksana BPBD Kab. Karangasem, Kabid Bina Marga PUPR Karangasem beserta staff, Kasi. Trantib Camat Kubu, Kawil, dan Klian Banjar adat Kubu.[krs/r5]