PT Pupuk Kujang bantu sarana operasional bank sampah La Tanza Cikampek - Bali Kini

Bali Kini

Bali Kini, Portal Berita Bali

Breaking News

Rabu, 10 April 2019

PT Pupuk Kujang bantu sarana operasional bank sampah La Tanza Cikampek

Karawang ,Balikini.Net -  PT Pupuk Kujang salah satu anak perusahaan bumn PT Pupuk Indonesia (persero) berikan bantuan fisik operasional kepada Bank sampah La Tanza yang dikelola Iis Sugiyanti atau yang akrab disapa Jois bersama suaminya Dadang di dusun Sukamulya RT03/10 Desa. Cikampek Barat Kec. Cikampek, Karawang.
Disampaikan Indra Gunawan Kabag Eksternal Departemen Komunikasi PT Pupuk Kujang kepada media, bantuan tersebut digulirkan melalui dana PKBL (Kemitraan dan Bina Lingkungan) yang diberikan berupa satu unit motor roda tiga, laptop, printer dan satu bal sarung tangan katun dengan total bantuan senilai 45 juta rupiah. Bantuan tersebut diharapkan dapat meningkatkan kinerja Bank Sampah baik secara operasional maupun pengelolaannya.

Menurut Jois, Hingga saat ini Bank Sampah La Tanza telah memiliki nasabah sebanyak 400 orang yang tersebar di berbagai wilayah dikabupaten karawang, mulai dari perkampungan, komplek perumahan hingga sekolah-sekolah. Bank sampah La Tanza berhasil mengumpulkan ratusan kilo gram sampah bernilai ekonomi seperti botol plastik, kardus, besi tua dan lain-lain setiap harinya, jelas Jois.

Para nasabah Bank Sampah La Tanza mengaku senang dengan kegiatan tersebut, selain mendapat tambahan penghasilan yang dibayarkan melalui transfer bank setiap bulan dan bisa dicairkan diakhir bulan ataupun di hari lebaran, lingkungan menjadi lebih bersih dan semakin semangat dalam mengumpulkan sampah. Bahkan beberapa nasabahnya berhasil menjadi pengusaha dengan memanfaatkan sampah misalnya membuat gantungan kunci dari kain perca sisa produksi boneka hingga kerajinan tangan dari barang bekas.

“Alhamdulillah, sejak kenal sama ibu Jois sekarang saya bikin gantungan kunci, lumayan buat nambah-nambah” ungkap ibu Dewi nasabah Bank Sampah La Tanza.
Bank sampah La Tanza berbeda dari Bank sampah lainnya karena lebih berorientasi kepada pemberdayaan masyarakat serta aktif dalam berbagai kegiatan sosial disekitarnya. Selain itu Bank sampah La Tanza turut serta dalam pelayanan sosial, keagamaan hingga bantuan kemanusiaan, terimakasih pupuk kujang", tutup Jois.[rls/r*]

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Redaksi Balikini.net menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan di Balikini.net . Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca berhak melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Redaksi Balikini.net akan menilai laporan dan berhak memberi peringatan dan menutup akses terhadap pemberi komentar.

Terimakasih
www.balikini.net