-->

Senin, 01 April 2019

PWI Beri Penghargaan Gubernur, Bupati dan Media

PWI Beri Penghargaan Gubernur, Bupati dan Media

Semarapura,Balikini.Net - Puncak Peringatan Hari Pers Nasional (HPN) 2019 tingkat Provinsi Bali dipusatkan di Balai Budaya Ida Dewa Agung Istri Kanya, Semarapura, Klungkung, Jumat (29/3) pagi. Kegiatan bertema ‘Pers Menguatkan Ekonomi Kerakyatan Berbasis Digital’ ini diisi dengan penyerahan penghargaan kepada belasan media termasuk Harian Umum NusaBali hingga penandatanganan Deklarasi Pemilu Damai.

Peringatan HPN 2019 di Semarapura, Jumat kemarin, dihadiri Sekda Provinsi Bali Dewa Made Indra mewakili Gubernur Wayan Koster, Bupati Klungkung Nyoman Suwirta, sejumlah Kabag Humas & Protokol Setda Kabupaten/Kota se-Bali, dan pimpinan media massa di Bali.

Puncak peringatan HPN 2019 kemarin juga diisi dengan penyerahan penghargaan kepada Gubernur Bali, Bupati Badung, Bupati Klungkung, Walikota Denpasar, Bupati Buleleng, dan Ketua Umum KONI Bali atas kontribusi dalam mendukung program-program PWI Bali. Penghargaan juga diberikan kepada belasan media, salah satunya Harian Umum NusaBali, yang selama ini mendukung dan mempublikasikan kegiatan-kegiatan PWI Bali. Penghargaan diserahkan ketua PWI Bali IGMB Dwikora Putra kepada Pemimpin Redaksi NusaBali, I Ketut Naria. 

Selain itu, ada pula penyerahan secara simbolis sertifikat Uji Kompetensi Wartawan (UKW). Sertifikat UKW ini diserahkan Sekda Provinsi Bali Dewa Made Indra kepada dua perwakilan wartawan yang baru lulus UKW, termasuk wartawan NusaBali Dewa Gede Darmawan.

Pada penutup acara dilakukan penandatanganan deklarasi bersama bertajuk ‘Pers Bijak, Rakyat Cerdas, dan Pemilu Damai’ yang dilakukan para undangan yang hadir. “Deklarasi pemilu damai ini sesungguhnya menjadi kewajiban bersama, apalagi sebagai masyarakat pers. Kami mengajak masyarakat pers, berkomitmen mewujudkan pemilu serentak ini berlangsung damai. Salah satu caranya, dengan cara jangan menyebarkan hoax yang bisa memicu kekisruhan masyarakat,” ujar Ketua PWI Bali, Dwikora Putra.

Sementara, dalam laporannya, Dwikora Putra memaparkan sejumlah kegiatan yang telah digelar serangkaian HPN 2019 ini. Di antaranya, turnamen futsal dengan melibatkan sejumlah instansi, bakti sosial di Panti Asuhan Semaraputra Klungkung, dan kegiatan peningkatan kompetensi wartawan melalui UKW berkerjasama dengan Dinas Kominfo & Statistik Provinsi Bali. 

"Untuk menjadi wartawan saat ini harus mempunyai sertifikasi kompetensi, agar dapat melahirkan karya-karya jurnalistik yang dapat mencerdaskan dan mengedukasi masyarakat Indonesia. Apalagi tahun ini ada Pemilu Serentak 2019. Wartawan yang memiliki kompetensi akan bersikap bijak, bukan mengumbar apa yang saya sebut dengan libido jurnalistik, karena kepentingan pers adalah kepentingan publik," katanya. 

Sementara itu, Sekda Provinsi Bali Dewa Made Indra mewakili Gubernur Koster berharap melalui peringatan HPN 2019 ini, pers tetap menjadi sumber inspirasi dan pencerahan bagi masyarakat Indonesia, khususnya krama Bali. “Media massa harus semakin meningkatkan perannya dalam hal melakukan edukasi dan literasi kepada masyarakat,” ujar Dewa Indra.

Sesuai tema HPN 2019, pihaknya mengajak semua pihak untuk menumbuhkan semangat mengembangkan perekonomian rakyat bersifat digitalisasi. Untuk itu, kata dia, Pemprov Bali, mulai tahun 2019 ini dan ke depan akan terus memperluas akses masyarakat untuk mendapatkan informasi melalui pemasangan Wifi gratis di desa pakraman, objek wisata, sekolah-sekolah, rumah sakit, serta tempat umum lainnya. “Dengan harapan ke depan masyarakat Bali dapat mewujudkan cita-cita menjadi Bali Smart Island,” ujarnya. [ed/*]

Read other related articles

Also read other articles

© Copyright 2021 BALIKINI.NET | BERIMBANG, OBYEKTIF, BERBUDAYA | All Right Reserved