-->

Selasa, 02 April 2019

WABUP KEMBANG HIMBAU ASN TIDAK GAPTEK

WABUP KEMBANG HIMBAU ASN TIDAK GAPTEK

Jembrana,Balikini.Net - Semakin cepatnya jaman digital dan percepatan pemerintah dalam mengejar era industry 4.0 disikapi langsung oleh Wakil Bupati Jembrana Made Kembang Hartawan dengan himbauan agar ASN dilingkungan Pemkab Jembrana tidak gagap teknologi dan selalu berinovasi, dalam melayani masyarakat. Hal tersebut disampaikan dalam Acara Apel Rutin  Senin (1/4) yang bertempat di Taman Pecangakan Negara.

Wabup Kembang mengatakan di jika dahulu ada pepatah yang mengatakan siapa yang besar dia yang menang namun di era sekarang, pepatah tersebut berganti siapa yang cepat dia yang menang. Kecepatan dalam hal ini adalah dalam penguasaan teknologi, Kembang berpesan agar ASN tidak terpaku dengan pola birokrasi yang lama. Hal tersebut sesuai dengan pesan “Dilan” yang disampaikan oleh Presiden Jokowi. “Dilan dalam hal ini adalah digital dan melayani, menurut Presiden Jokowi diperlukan reformasi dan pelayanan publik lewat elektronik untuk ke depannya” ungkap Kembang.

Kembang menambahkan Perkembangan Teknologi khususnya di Bidang Teknologi Informasi membawa dampak pada perubahan perilaku masyarakat, kelompok, dunia usaha, sehingga pemerintahpun harus melakukan perubahan dan memberikan layanan masyarakatnya. “Oleh karena itu sesuai amanat Perpres no 95 tahun 2018 tentang Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik yang disingkat SPBE yaitu penyelenggaraan pemerintahan yang memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi untuk memberikan layanan kepada pengguna SPBE” ujar Kembang.

Dalam rangka mempercepat koordinasi, sinkronisasi dan implementasi pelaksanaan SPBE ini Kembang berharap masing – masing OPD dapat memberikan kontribusi pada pengelolaan data, lalulintas data dan akses data. Dengan demikian akan terbangulan basis data yang terintegrasi yang dapat dimanfaatkan untuk kepentingan bersama. Selain itu, Kembang meminta OPD – OPD Pemkab Jembrana selalu mengupdate data – data berkaitan dengan masyarakat dengan data terbaru. “Jangan sampai ada data yang sudah kadaluarsa namun masih di pergunakan. Data yang ada haruslah data terupdate” paparnya.

Sebagai salah satu bentuk implementasi SPBE di Kabupaten Jembrana maka pada tanggal 26 Maret yang baru lalu, Pemkab Jembrana sudah meluncurkan Aplikasi Sistem Eksekutif Manajemen Jembrana (SEMAR) dan Aplikasi Layanan Sistem Pemerintahan Terintegrasi (LASHATI). “Himbauan saya agar aplikasi tersebut dapat dipergunakan dengan baik sehingga dapat memberikan manfaat seperti yang kita inginkan bersama” pungkas Kembang dihadapan peserta Apel yang dihadiri Sekda Jembrana Made Sudiada, Asisten – asisten Setda, Kepala – kepala OPD dan staff Pemkab Jembrana.(adi/r4)


Read other related articles

Also read other articles

© Copyright 2021 BALIKINI.NET | BERIMBANG, OBYEKTIF, BERBUDAYA | All Right Reserved