Bulan Bakti Gotong Royong,Bupati Mas Sumatri Ajak Masyarakat Peduli Lingkungan - Bali Kini

Bali Kini

Bali Kini, Portal Berita Bali

Breaking News

Senin, 20 Mei 2019

Bulan Bakti Gotong Royong,Bupati Mas Sumatri Ajak Masyarakat Peduli Lingkungan

Karangasem ,Balikini.Net - Kerja Bakti bersihkan sampah di areal Dermaga Cruise, Tanah Ampo,Desa Ulakan, Kecamatan Manggis, merupakan puncak pelaksanaan Bulan Bakti Gotong Royong Masyarakat (BBGRM) Ke-16 di Kabupaten Karangasem. Aksi yang dilaksanakan Minggu,pagi (20/05/19) melibatkan 400 orang OPD Provinsi Bali, 250 orang OPD Kabupaten Karangasem, 150 orang dari Desa Adat, 120 orang dari LPM, 100 orang dari sekolah-sekolah dan 150 unsur Kecamatan.

Hadir dalam kesempatan itu,hadir dari Pemprov, Asisten III Made Suarjana , Kepala Biro Tapem, dan Kepala OPD terkait.

Bupati Mas Sumatri mengatakan,kegiatan ini sebagai komitmen Pemerintah Daerah, maka kegiatan-kegiatan seperti ini akan terus dilakukan. Karena dengan gerakan ini, akan dapat meningkatkan upaya Pemerintah Kabupaten Karangasem dalam menjaga dan melestarikan lingkungan yang terbebas dari sampah,utamanya sampah plastik. 
"Aksi ini diharapkan bisa merubah “mind set” masyarakat  terhadap permasalahan sampah. Biar bisa lebih peduli terhadap kebersihan lingkungan," imbuhnya.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa Kabupaten Karangasem I Komang Agus Sukasena menyampaikan,  pada hari ini pencanangan kegiatan Bulan Bakti Gotong Royong Masyarakat difokuskan menyasar Bidang ke 4 yaitu bidang Lingkungan Hidup, melalui kegiatan Gerakan Semesta Berencana Bali Resik Sampah Plastik. Hal ini sejalan dengan program yang dicanangkan oleh Gubernur Bali, sebagaimana tertuang dalam Peraturan Gubernur Bali Nomor 97 Tahun 2018 tentang Pembatasan Timbulan Sampah Plastik Sekali Pakai. 

"Kegiatan hari ini merupakan wujud sinergitas antara Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa bersama Dinas Lingkungan Hidup. Pencanangan BBGRM telah disosialisasikan dengan menyasar 75 Desa dan 3 Kelurahan di Kabupaten Karangasem," ujarnya 

Pelaksanaan Bulan Bakti Gotong Royong Masyarakat secara serentak telah dilaksanakan di seluruh Desa/Kelurahan se Kabupaten Karangasem selama 1 ( satu ) bulan yaitu dari tanggal 1 s/d 31 Mei 2019. 

Gubernur Bali dalam sambutannya dibacakan Asisten III Made Suarjana, usai mencanangkan kegiatan bulan bakti menyebutkan, Pemerintah Provinsi sudah membuat peraturan tentang pelestarian lingkungan.Kegiatan gotong royong bertujuan untuk meningkatkan partisipasi masyarakat dalam pembangunan.Gotong royong merupakan budaya dan identitas bangsa. 

Melalui kegiatan diharapkan,nilai gotong royong bisa terus lestari.Kegiatan ini adalah wujud nyata dari peraturan Gubernur agar mewujudkan Bali bebas plastik. "Intinya adalah untuk menanamkan arti gotong royong untuk masyaraka. Mari kita jaga keharmonisan kebersihan Bali untuk menuju bali yang sejahtera," ucapnya. *

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Redaksi Balikini.net menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan di Balikini.net . Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca berhak melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Redaksi Balikini.net akan menilai laporan dan berhak memberi peringatan dan menutup akses terhadap pemberi komentar.

Terimakasih
www.balikini.net