-->

Rabu, 29 Mei 2019

Bupati Artha Resmikan Posko Mudik BPJS Kesehatan

 Bupati Artha Resmikan Posko Mudik BPJS Kesehatan

Jembrana,BaliKini.Net - Guna memastikan pelayanan kesehatan masyarakat saat menjalani mudik lebaran, BPJS Kesehatan kembali menyelenggarakan Posko Mudik BPJS Kesehatan Tahun 2019.
Diresmikan secara langsung oleh Bupati Jembrana I Putu Artha didampingi Direktur Hukum, Kepatuhan, dan Hubungan Antar Lembaga BPJS Kesehatan Bayu Wahyudi, yang ditandai dengan pemotongan pita, Rabu (29/5). Posko yang didirikan di areal Pelabuhan Penyeberangan Gilimanuk tersebut akan beroperasi secara serentak mulai dari tanggal 29 Mei 2019 – 4 Juni 2019. Dalam kegiatan tersebut juga diserahkan piagam Universal Health Coverage (UHC) 2019 kepada kabupaten Jembrana. Hadir pula dalam peresmian tersebut Dandim 1617 Letkol Kav. Jefri Marsono Hanok, Sekda Jembrana I Made Sudiada, pimpinan OPD dan perwakilan Forkopimda di Jembrana.

Direktur Hukum, Kepatuhan, dan Hubungan Antar Lembaga BPJS Kesehatan, Bayu Wahyudi mengatakan, selain di Pelabuhan Gilimanuk, juga ada 7 posko di titik yang padat pemudik. Ketujuh titik lainnya tersebut diantaranya Terminal Pulo Gebang Jakarta, Terminal Bungurasih Surabaya, Rest Area Tol Cikampek Km 57 Karawang, Rest Area Tol Purwakarta Km 88 Purwakarta, Rest Area Tol Ungaran Km 429 Semarang, Pelabuhan Soekarno Hatta Makassar, Pelabuhan Gilimanuk Bali dan Pelabuhan Merak Banten.

“Dari evaluasi penyelenggaraan Posko Mudik tahun sebelumnya, kami melihat antusiasme pemudik yang berkunjung dan menikmati layanan yang kami sediakan. Oleh karenanya kami membuka kembali Posko Mudik Lebaran 1440 H. Seluruh pelayanan dan fasilitas di Posko Mudik BPJS Kesehatan ini bisa dinikmati secara gratis, sehingga pemudik tak perlu sungkan memanfaatkannya,” ungkap Bayu usai ikut meresmikan posko mudik.

Pada kegiatan tersebut, pemudik bisa mendapatkan layanan yang disiapkan oleh BPJS Kesehatan seperti konsultasi kesehatan, relaksasi, pemeriksaan kesehatan, obat-obatan, tindakan sederhana yang bersifat emergency dan pemberian rujukan bila diperlukan. Tersedia juga ambulans, apabila peserta diharuskan mendapatkan tindakan urgensi dan harus dengan cepat dibawa ke rumah sakit.

"Posko mudik BPJS Kesehatan akan beroperasi selama 24 jam penuh, terbagi atas dua tim yang bertugas secara bergantian. Masing-masing tim tersebut terdiri dari satu petugas BPJS Kesehatan, satu orang dokter dan dua orang paramedis. Selain itu, terdapat ambulans yang bisa digunakan untuk mengantar peserta ke rumah sakit apabila diharuskan mendapatkan pelayanan lebih lanjut,"imbuhnya.

Sementara Bupati Artha menyampaikan dengan adanya tambahan posko mudik BPJS Kesehatan di Pelabuhan Gilimanuk yang dibentuk dan dilaksanakan oleh BPJS Kesehatan untuk dapat memberikan pelayanan kesehatan kepada masyarakat terutama bagi para pemudik, tentunya diharapkan akan terjadi sinergi dalam pembangunan kesehatan untuk meningkatkan pelayanan kesehatan kepada masyarakat. "Kami sampaikan apresiasi serta terima kasih kepada BPJS dan semua pihak terkait yang sudah berpartisipasi dan berkontribusi dalam upaya-upaya untuk mendukung kelancaran pelaksanaan mudik tahun ini. Semoga Posko Mudik BPJS Kesehatan ini bisa dimanfaatkan dengan baik oleh masyarakat terutama oleh para pemudik,"ujar Artha.

Selain itu, pihaknya juga sudah mengantisipasi dan menanggulangi kemungkinan masalah-masalah yang terjadi akibat membludaknya arus mudik khususnya masalah kesehatan dan laka lantas. Berbagai upaya telah dilakukan untuk mendukung pelaksanaan mudik tahun ini melalui peningkatan dan perbaikan infrastruktur, pembangunan peristirahatan/rest area, posko keamanan dan pos - pos pelayanan kesehatan. "Kami juga telah mengoptimalkan semua Puskemas dan menyiagakan ambulance di pos pelayanan terpadu yang ada di sepanjang jalur utama perlintasan mudik, mulai dari ujung timur sampai ujung barat wilayah Kabupaten Jembrana untuk dapat memberikan pelayanan hingga 24 jam,"pungkasnya. *

Read other related articles

Also read other articles

© Copyright 2021 BALIKINI.NET | BERIMBANG, OBYEKTIF, BERBUDAYA | All Right Reserved