-->

Jumat, 03 Mei 2019

Bupati Mas Sumatri Lepas Parade Budaya Meriahkan Hardiknas Tahun 2019

Bupati Mas Sumatri Lepas Parade Budaya Meriahkan Hardiknas Tahun 2019

Karangasem,BaliKini.Net  - Bupati Karangasem, IGA Mas Sumatri, melepas iring-irangan parade Budaya dalam rangka memeriahkan peringatan Hari Pendidikan Nasional ke 111 tahun 2019, di Depan Taman Kota Jagat Karana, Kamis (2/5).

Pelepasan ditandai dengan pemotongan tumpeng sebagai simbol rasa syukur menyongsong perubahan di dunia pendidikan, khususnya di Karangasem,menuju ke arah lebih baik. Dalam kesempatan tersebut, Bupati Mas Sumatri juga mengucapkan selamat ulang tahun kepada Sang Suami, I Gusti Made Tusan yang berulang tahun bertepatan dengan peringatan Hardiknas. Sebagai ungkapan rasa bahagianya, Ia juga mengundang masyarakat yang memiliki tanggal ulang tahun sama di moment istimewa tersebut. Masyarakat yang beruntung juga mendapat bingkisan khusus dari orang nomor satu di Kabupaten Karangasem itu. 

Bupati Mas Sumatri mengatakan,  
pada Hari Pendidikan Nasional 2019 ini,Pemerintah berkomitmen untuk terus berikhtiar membangun pendidikan. Mulai tahun 2016 sampai sekarang, Pemerintah Kabupaten Karangasem telah meluncurkan salah satu program unggulan di Bidang Pendidikan yaitu Kartu Karangasem Cerdas yang menyasar seluruh siswa kurang mampu. Kartu Karangasem Cerdas bertujuan untuk meniadakan drop out dan putus sekolah anak Sekolah Dasar, Sekolah Menengah Pertama 
agar Program Wajib Belajar Sembilan Tahun tercapai. 

Kartu Karangasem Cerdas juga bertujuan untuk pembangunan pada penguatan SDM. Disinilah peran dan
tanggung jawab Dinas Pendidikan dan Dinas Kebudayaan akan semakin besar. Dengan pendidikan yang berbudaya, dipercaya dapat menjawab tantangan internal dan eksternal,seperti gejala tergerusnya ketajaman akal budi dan kekukuhan mentalitas anak didik. 

Sejauh ini, Pemkab Karangasem melalui Disdikpora Karangasem telah melaksanakan program Guru 'Menyapa Siswa dan Menjemput Siswa'. Program guru menyapa siswa dilaksanakan baik di pagi hari saat siswa baru datang, maupun siang hari saat siswa akan pulang. Disamping itu pula, untuk tahun 2019 ini, untuk mengurangi angka putus sekolah, Disdikpora mencanangkan program Guru menjemput siswa, bagi siswa yang tidak sekolah atau ada tanda-tanda akan putus sekolah. 
Program ini dilaksanakan di seluruh Satuan Pendidikan dalam mendukung program Nawacita Presiden serta pelaksanaan Peraturan Presiden Nomor 87 Tahun 2017 tentang Penguatan Pendidikan Karakter (PPK). Program ini mengamanahkan, gerakan pendidikan di bawah tanggung jawab satuan pendidikan untuk memperkuat karakter peserta didik melalui harmonisasi olah hati, olah rasa, olah pikir, dan olah raga dengan pelibatan dan kerja sama antara satuan pendidikan, keluarga, dan masyarakat sebagai bagian dari Gerakan Nasional Revolusi Mental (GNRM). 

"Selamat Hari Pendidikan Nasional. Teruslah ikhlas dan tulus berkontribusi tak kenal henti bagi usaha menguatkan Pendidikan di Kabupaten Karangasem serta memajukan Kebudayaan Indonesia pada umumnya," imbuh Mas Sumatri menutup sambutannya.

Kepala Dinas Pendidikan Kepemudaan dan Olahraga, Gusti Ngurah Kartika menyapaikan, peserta parade budaya berjumlah 8 Ribu orang yang terdiri dari siswa, guru,pegawai dan pengawas se -Kabupaten Karangasem. Selain parade budaya, memeriahkan Hardiknas, Disdikpora juga menyelenggarakan berbagai kegiatan Gebyar Pendidikan. Diantaranya, senam massal dengan 2 ribu peserta di stadion Amlapura pada 26 April 2019,lalu. Selanjutnya, Apel Bendera di Lapangan Tanah Aron, pameran pendidikan yang dipusatkan di halaman Kantor Disdikpora, serta berbagai perlombaan yang diikuti oleh seluruh komponen pendidikan, baik dari tingkat TK,SD/MIN,SMP/MTs,SMA/SMK dan MAN.

Lebih rinci Gusti Ngurah Kartika menyatakan,tujuan dari digelarnya Parade Budaya, guna memupuk kecintaan siswa terhadap kearifan budaya lokak menuju generasi yang berkarakter. Sedangkan dilaksanakannya juga berbagai perlombaan memiliki tujuan meningkatkan kompetensi tenaga pendidik sehingga mampu berprestasi dan melaksanakan tugas secara profesional. "Ini semua untuk menggali potensi,menambah wawasan dan pengalaman siswa serta tenaga pendidik, " tuturnya.

Beberapa prestasi yang diraih Kabupaten Karangasem, diantaranya  pertaman prestasi untuk Tenaga Pendidik, Prestasi untuk Tenaga Pendidik tahun 2018 Kabupaten Karangasem mampu meloloskan 4 orang Tenaga Pendidik berprestasi ke tingkat nasional untuk kategori Pengawas SD, Pengawas SMP , Kepala SMP dan Guru TK, bahkan guru TK atas nama Dewa Ayu Anom Pratiwi, S.Pd Aud, keluar sebagai juara 3 tingkat Nasional. 

Selain itu, pada tahun 2018 Karangasem juga mampu meloloskan 3 orang sebagai tokoh pendidikan dalam lomba Widya Kusuma tingkat propinsi atas nama Drs. I Dewa Gede Adnyana, M.Pd kategori Pengawas SMP, Ngakan Putu Suarjana S.Pd, M.Pd kategori Pengawas SD dan Ni Nyoman Diari untuk katagori guru TK, 

Untuk Prestasi Kedua  yang diraih dikalangan siswa diantaranya , Juara l Karya Tulis tingkat Nasional atas nama Ni Luh Gede Setiawati dari SMPN 2 Manggis, Lolos Olimpiade Sains mata pelajaran IPS ke tingkat nasional atas nama Nyoman Adhi Tri Indranatha dari SMPN 2 Amlapura,  Lolos FLS2N bidang Poster ke tingkat Nasional atas nama Ni Nengah Amrita Nur Maharani dari SMP N 2 Selat.  Untuk tahun 2019 dibidang KPO Karangasem mampu meloloskan 3 Paskibra tingkat Propinsi.[*/r5]

Read other related articles

Also read other articles

© Copyright 2021 BALIKINI.NET | BERIMBANG, OBYEKTIF, BERBUDAYA | All Right Reserved