-->

Minggu, 26 Mei 2019

Jaya Negara Buka Peringatan HLUN Kota Denpasar Tahun 2019

Jaya Negara Buka  Peringatan HLUN Kota Denpasar Tahun 2019

Ajak Lansia Hidup Mandiri, Sejahtera, dan Bermartabat Di Usia Senja


Denpasar, Balikini.Net - Serangkaian Hari Lanjut Usia Nasional (HLUN) yang diperingati setiap 29 Mei ini, Pemkot Denpasar melalui Dinas Sosial Kota Denpasar kembali menggelar peringatan yang dikemas dalam berbagai kegiatan. Peringatan yang kali ini  mengambil tema Lanjut Usia Mandiri, Sejahtera, dan Bermartabat ini dibuka Wakil Walikota Denpasar, IGN Jaya Negara didampingi Ketua DPRD Kota Denpasar, I Gusti Ngurah Gede, beserta Sekda Kota Denpasar, AAN Rai Iswara di Halaman Parkir Graha Sewaka Dharma Lumintang, Denpasar, Minggu (26/5). Turut hadir dalam kesempatan tersebut Ketua Tim PKK Kota Denpasar Ny. I.A. Selly Dharmawijaya Mantra,  Ketua WHDI Kota Denpasar, Ny. Sagung Antari Jaya Negara, Ketua Dharma Wanita Persatuan Kota Denpasar, Ny. Kerti Iswara,  Camat se-Kota Denpasar dan Kepala OPD terkait lainya.

Sebelum acara di mulai, Jaya Negara  turut menyapa para lansia yang tampak ceria dan sumringah. Selanjutnya sesekali bercengkrama serta menyaksikan demontrasi  senam lansia yang dibawakan ratusan peserta lanjut usia yangn masih enerjik di usia senja. Rangkaian kegiatan diawali dengan senam bersama guna meningkatkan kesehatan lansia, tampak berbaur langsung dengan mengikuti senam bersama, Ketua TP. PKK Kota Denpasar, Ny. I.A. Selly Dharmawijaya Mantra serta Ketua Dharma Wanita Persatuan Kota Denpasar, Ny. Kerti Iswara. Ratusan lansia dilibatkan dalam peringatan HLUN lewat berbagi perlombaan seperti, Lomba Joged dan Pengibing Lansia, Lomba Megenjekan, Lomba Busana Adat Bali, hingga kegiatan Safari Kesehatan dan Penyerahan Bantuan Sosial.   

“HLUN ini memang diperingati setahun sekali di Kota Denpasar, dan tentunya menjadi peringatan hari keluarga lansia serta memberikan ruang kepada para lansia untuk memotivasi semangat berprilaku hidup sehat. Melalui acara ini para lansia menampilkan kebolehahan atau keterampilan mereka di usia senja’’, ujar Jaya Negara disela kegiatan. 

Lebih lanjut dikatakan, HLUN tidak saja menjadi peringatan rutin di Denpasar, namun diharapkan mampu memberikan kemandirian, kesejahteraan serta meningkatkan martabat para lansia itu sendiri. Hal ini tentunya telah dilakukan  berbagai program oleh Pemkot Denpasar yang nantinya mampu memberikan manfaat baik dari segi kesehatan maupun program-program pelayanan lansia lainya guna memajukan pembangunan kota Denpasar dan berharap acara kedepanya bisa lebih memotifasi lansia untuk menjaga hidup sehat dan mempererat silaturahmi di antara lansia.

"Dari peringatan HLUN Tahun 2019 di Kota Denpasar ini tentunya kami berharap kepada semu pihak agar dapat menumbuhkan kemandirian , kesejahteraan serta meningkatkan martabat lansia di usia senja," ujar Jaya Negara. 



Sementara  Kadis Sosial Kota Denpasar, Made Merta Jaya  mengatakan, peringatan  HLUN bertujuan untuk menggugah semangat lanjut usia yang di rangkai dengan berbagai kegiatan lomba sebagai ajang pertemuan silahturahmi para lansia. Adapun rangkaian kegiatan ini meliputi senam massal lansia, bakti sosial dengan pemberian sembako, safari kesehatan sebagai upaya meningkatkan derajat kesehatan lansia, serta berbagai lomba seperti, lomba joged dan pengibing lansia yang diikuti oleh  13 pasang, lomba megenjekan ada empat seka , lomba berpaikaian adat berpasangan kepura diikuti oleh 12 pasang lansia.  

“Peringatan HLUN di kota Denpasar yang diselenggarakan melalui berbagai kegiatan terpadu antara masyarakat dan pemerintah dalam rangka meningkatkan kualitas kesejahteraan lanjut usia” ujarnya. Penampilan para lansia ini yang sudah berumur diatas 60 tahun mengundang gelak tawa para penonton yang hadir.

Salah satu lansia  Wayan Kerta mengatakan sangat senang dengan diadakanya acara ini karena acara ini dapat menjadi ajang silaturahmi di antara lansia dimana bisa melihat sesama teman para lansia. Kegiatan ini juga dirasa memberi kesempatan para lansia untuk tampil dan membuktikan bahwa usia tidak menjadi halangan dalam berkreasi.  (gus’/r4).





Read other related articles

Also read other articles

© Copyright 2021 BALIKINI.NET | BERIMBANG, OBYEKTIF, BERBUDAYA | All Right Reserved