-->

Senin, 27 Mei 2019

KUNJUNGI KORBAN BANJIR, WABUP KEMBANG IMBAU BPPD SOSIALISASI

KUNJUNGI KORBAN BANJIR, WABUP KEMBANG IMBAU BPPD SOSIALISASI

Jembrana,BaliKini.Net - Wakil Bupati Made Kembang Hartawan mengunjungi korban banjir Sungai Ijogading Kamis lalu di Lingkungan Pendem Kelurahan Pendem, Senin (27/5). Wabup Kembang didampingi Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah I Ketut Eko Susila Artha Permana dan Lurah Pendem I Putu Eko Darma Wirawan, memberikan bantuan sembako dan support moril kepada warga yang tertimpa musibah. Di daerah Pendem, Wabup Kembang dan BPBD membagikan 6 paket sembako kepada 6 KK dan untuk keseluruhan daerah Pendem dibagikan 11 paket Sembako untuk 11 KK. Dan di hari yang sama BPPD membagikan total 18 paket sembako untuk kelurahan BB Agung dan Pendem


Pada kesempatan tersebut, Wabup Kembang menghimbau BPBD Jembrana agar aktif melaksanakan sosialisasi berupa langkah langkah apa saja yang harus dilakukan jika menghadapi bencana. “Kepada warga Jembrana agar waspada akan perubahan cuaca belakangan ini. Selain itu edukasi juga penting, langkah apa saja yang diambil jika terjadi bencana. Saya berharap dari BPPD gencar mensosialisasikan, mulai dari mengantisipasi hingga penyelamatan. Mulai penyelamatan diri hingga menyelamatkan warga” ujar Kembang.


Selain itu, Wabup Kembang menambahkan ke depan harus memperbaiki Daerah Aliran Sungai ia mengajak warga melakukan penghijauan di sepadan sungai. “Tidak harus dengan tanaman yang mahal, bisa dengan tanaman yang ada semisal bambu atau tanaman – tanaman yang mudah di temukan” ujarnya. Selain itu ia berharap warga waspada terhadap penyakit yang bisa ditimbulkan pasca terjadinya bencana seperti diare, demam berdarah.


Sementara itu, salah satu warga korban Banjir I Ketut Samah mengucapkan terima kasihnya atas bantuan yang di berikan pemerintah. Samah menceritakan dirinya sudah 40 tahun tinggal di lingkungan Pendem, kurang lebih 30 meter dari Sungai Titis yang tembus ke Sungai Ijogading dan baru kali ini tertimpa banjir. “Memang tidak di duga, saya sudah 40 tahun tinggal di daerah ini baru kali ini kena banjir. Hujan saat itu (Kamis, 23/5) memang sangat deras, lebih deras dari biasanya. Dan berkat bantuan warga sekitar sejumlah barang bisa diselamatkan. Namun sejumlah perabotan dapur sudah terlanjur hanyut” paparnya.

Read other related articles

Also read other articles

© Copyright 2021 BALIKINI.NET | BERIMBANG, OBYEKTIF, BERBUDAYA | All Right Reserved