Pimpin Apel Hardiknas, - Bali Kini

Bali Kini

Bali Kini, Portal Berita Bali

Breaking News

Sabtu, 04 Mei 2019

Pimpin Apel Hardiknas,


Sekda I Gede Susila : Ini Momementum Merenungkan Pendidikan dan Kebudayaan

Tabanan ,BaliKini.Net  – Peringatan Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) Tahun 2019 dengan tema ‘Menguatkan Pendidikan, Memajukan Kebudayaan’ dengan sub tema mewujudkan sumber daya manusia kompetitif, inovatif dan berkarakter, yang digelar Pemkab Tabanan, Kamis (02/5) di halaman depan Kantor Bupati setempat, dipimpin oleh Sekretarias Daerah Kabupaten Tabanan, I Gede Susila.

Dalam apel yang diikuti oleh ratusan peserta tersebut, Sekda I Gede Susila dalam sambutannya megatakan, peringatan kali ini sebagai momentum untuk merenungkan pendidikan dan kebudayaan yang mempunyai hubungan erat sebagaimana tercermin dalam ajaran, pemikiran dan praktik pendidikan yang dilakukan oleh Ki Hajar Dewantara.

Sekaligus dirinya menghimbau agar peringatan ini juga menjadi momentum untuk melakukan muhasabah (introspeksi diri), mesu budi atau refleksi terhadap usaha-usaha yang telah diperjuangkan di bidang pendidikan, menerawang kedepan, membuat proyeksi tentang pendidikan Nasional yang dicita-citakan.

“Pada Hari Pendidikan Nasional 2019 ini, Kita perlu merenung sejenang untuk menengok ke belakang, melihat apa yang telah kita kerjakan di bidang pendidikan, untuk kemudian bergegas kedepan guna menggapai cita-cita masa depan pendidikan Nasional yang didambakan,” ungkapnya.

Dirinya juga menyadari, kondisi ideal pendidikan dan kebudayaan nasional yang dicita-citakan masih jauh dari jangkauan. Untuk itu, Dirinya menghimbau kepada seluruh pihak terkait di Tabanan agar mampu bekerja keras mewujudkan akses pendidikan yang berkualitas dan terus menerus mengalibrasi praktik pendidikan agar memiliki presisi atau ketelitian yang tinggi sesuai dengan tuntutan masyarakat, lapangan pekerjaan dan kebutuhan pembangunan di bidang kebudayaan.

Disamping itu juga, dalam mewujudkan hal tersebut dijelaskannya sangat penting dilakukan penguatan karakter dan literasi warga negara yang memerlukan keterlibatan semua komponen Bangsa. Sebagaimanan Ki Hajar Dewantara menempatkan hal ini dalam Tri Pusat Pendidikan, yaitu Sekolah, Rumah dan Masyarakat.

“Salah satu bentuk penguatan Tri Pusat Pendidikaan adalah keterlibatan keluarga dalam mendukung sukses pendidikan anak dan penguatan karakter budaya,” tegasnya.

Sebelum mengakhiri sambutannya saat itu, Sekda I Gede Susila mengucapkan selamat kepada 300 orang yang diangkat menjadi CPNS di Kabupaten Tabanan dari Formasi Umum dan eks Tenaga Harian K2 tahun anggaran 2018, yang saat itu mengikuti apel peringatan Hardiknas tersebut.

“Selanjutnya tunjukan rasa syukur saudara dengan bekerja secara sungguh-sungguh, tingkatkan loyalitas dan disiplin untuk mengabdi kepada Pemerintah, Bangsa dan Negara,” imbuhnya. */rls

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Redaksi Balikini.net menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan di Balikini.net . Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca berhak melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Redaksi Balikini.net akan menilai laporan dan berhak memberi peringatan dan menutup akses terhadap pemberi komentar.

Terimakasih
www.balikini.net