Pemkab Tabanan Gelar Kegiatan Semesta Berencana Bali Resik Samplah Plastik Serentak

Header Menu

BALIKINI.NET | BERIMBANG, OBYEKTIF, BERBUDAYA
Cari Berita

Advertisement


Pemkab Tabanan Gelar Kegiatan Semesta Berencana Bali Resik Samplah Plastik Serentak

Bali Kini
Minggu, 19 Mei 2019
Loading...

Tabanan ,BaliKini.Net - Untuk menciptakan lingkungan hidup yang indah, bersih dan juga untuk meningkatkan kesadaran masyarakat dalam pelestarian fungsi lingkungan hidup secara mandiri. Pemkab Tabanan kembali menggelar kegiatan Semesta Berencana Bali Resik Sampah plastik, Minggu, (19/05) pagi.

Kegiatan yang berpusat di sepuluh Kecamatan di Tabanan ini merupakan motivasi utama dalam pengelolaan sampah plastik, yang dilaksanakan melalui pengembangan kerjasama dengan lembaga-lembaga peduli lingkungan.

Dengan melibatkan siswa-siswi SD dan SMP diseputaran Kecamatan, diharapkan kegiatan ini dapat merubah dan menumbuhkan sikap mental dan prilaku untuk peduli lingkungan hidup, sehingga program nangun sad kerthi loka bali dapat berjalan dengan baik.

Dalam kegiatan tersebut, Bupati Tabanan yang dalam sambutannya yang dibaca oleh Asisten Perekonomian dan Pembangunan Setda Kabupaten Tabanan, A.A. Dalem Tresna Ngurah, mengatakan pengelolaan sampah plastik perlu dilakukan secara komprehensif dan terpadu dari hulu ke hilir. "Agar dapat memberikan manfaat bagi masyarakat dan aman bagi lingkungan," ucapnya saat membuka kegiatan di Kantor Camat Baturiti.

Ditegaskannya bahwa persoalan sampah plastik, khususnya di Tabanan harus mendapatkan perhatian serius dari seluruh elemen masyarakat di Tabanan. "Karena setiap hari timbulan sampah plastik semakin meningkat. Disisi lain banyaknya sampah plastik menimbulkan citra yang kumuh dan tidak menarik untuk dilihat," tegasnya.

Untuk mengatasi hal tersebut, pihaknya menghimbau agar masyarakat bersama-sama dengan Pemerintah selalu bersinergi dan bahu membahu menangani sampah plastik tersebut. Dan kegiatan Semesta Berencana Bali Resik Sampah Plastik ini harus dilakukan dan diterapkan secara berkesinambungan.

"Kedepan agar seluruh stakholder dapat berpartisipasi aktif untuk mengatasi timbulan sampah plastik, sehingga dapat memelihara dan menjaga serta melestarikan keagungan, kesucian dan taksu alam Bali melalui program TAKTIK (Tabanan Anti Kantong Plastik) menuju Tabanan Serasi," tambah pihaknya *