-->

Selasa, 21 Mei 2019

WABUP KEMBANG CEK RUANG OPD

WABUP KEMBANG CEK RUANG OPD

Jembrana,Balikini.Net - Wakil Bupati Jembrana I Made Kembang Hartawan masih menemukan  tumpukan aset tak terpakai diruang kerja OPD.  Kondisi itu dinilainya tak layak guna mendukung suasana kerja yang nyaman dan peningkatan produktifitas kerja. Hal itu dilontarkannya saat mengecek kondisi ruangan dimasing –masing OPD Pemkab Jembrana, selasa ( 21/5). “ tumpukan aset dan berkas tak terpakai membuat ruangan seakan penuh dan pengap. Ini tidak nyaman dan ideal . Saya yakin berpengaruh terhadap suasana kerja, “ujar Kembang.

Kembang mencontohkan ada ruangan yang menumpuk barang-barang rusak diatas lemari. Bahkan ada juga kardus kardus berkas pembungkus barang yang masih disimpan rapi. Padahal dalam arahannya dalam apel dihadapan seluruh pegawai , senin (13/5)  minggu lalu, tiap OPD mesti memperhatikan aset-aset yang ada diruangan. Memilah mana arsip aktif yang masih diperlukan,  , arsip inaktif yang harus dikirim kerecord centre,  arsip terjaga yang vital dan penting sehingga harus disimpan keutuhannya baik-baik serta  arsip statis , yang sudah tidak terpakai namun ada kandungan sejarah  bisa disetor kedepo arsip .

Sedangkan aset-aset yang sudah rusak sehingga tak mungkin terpakai lagi dimintanya untuk segera dihapus dan dititip di gudang daerah  yang berada di areal GOR Kresna Jvara, Sawe. “ Kalau aset yang rusak segera dibuatkan permohonan penghapusan dan dipindah ke gudang aset sehingga tak tercampur dengan aset yang kondisinya masih baik. Bawa kegudang aset, bukan untuk langsung dimusnahkan tapi nanti dipilah lagi , kalau masih bagus mungkin bisa dihibahkan kemasyarakat , “ papar Kembang.

Dihadapan para pegawai , Ia meyakini, suasana kantor yang nyaman sangat  mendukung produktifitas kerja pegawai. Suasana kerja juga jadi menyenangkan. Ia juga berharap tiap OPD memiliki record center, sebagai tempat penampungan arsip inaktif. Memiliki pegawai yang bertanggung jawab mengurusi arsip masing-masing.   “ Karena itu selalu saya tekankan kepada tiap OPD  agar memanfaatkan   keberadaan depo arsip dan gudang daerah. Kita juga memiliki  tenaga arsiparis yang bisa membantu OPD memilah arsip-arsip mereka. Silakan manfaatkan itu, “ ujar Kembang.

Kedepan apabila persoalan kearsipan ini sudah beres, Wabup Kembang ingin konsep ruang kerja di Pemkab Jembrana ini mengadopsi konsep  kantor-kantor moderen. Ruangannya terbuka, tidak ada sekat atau tembok. Sehingga kordinasi , interaksi semakin mudah dan pegawai makin terpacu untuk bekerja lebih maksimal. 

Menindaklanjuti arahan Wabup, Kadis Perpustakaan dan Kearsipan Ida Ayu Made Dharma Yanti Putra mengatakan akan segera mengadakan pelatihan tenaga BKO. Nantinya mereka akan dibebankan tugas tambahan untuk mengelola arsip dimasing-masing OPD.   Pihaknya juga siap melakukan pendampingan dan menerima arsip-arsip dimasing masing OPD untuk disetor kedepo arsip. “ kita tindak lanjuti dan  sudah bersurat kemasing-masing OPD . Karena penangannan  arsip ini mesti ada pelatihan dan keterampilan khusus, “pungkas Dharma Yanti. ( abhi/r4)

Read other related articles

Also read other articles

© Copyright 2021 BALIKINI.NET | BERIMBANG, OBYEKTIF, BERBUDAYA | All Right Reserved