Pemkab Jembrana Ngaturang Bhakti Pujawali di Pura Segara Rupek - Bali Kini

Bali Kini

Bali Kini, Portal Berita Bali

Breaking News

Minggu, 02 Juni 2019

Pemkab Jembrana Ngaturang Bhakti Pujawali di Pura Segara Rupek

Jembrana,Balikini.Net - Pemkab Jembrana ngaturang bhakti pujawali dan matur pakelem di Pura Kahyangan Jagat Segara Rupek, kecamatan Grokgak, Buleleng, Minggu (2/6). Rombongan dipimpin langsung  Bupati Jembrana I Putu Artha yang hadir ngaturang bhakti didampingi Ny. Ari Sugianti Artha, Sekda I Made Sudiada, para Asisten serta pimpinan OPD dilingkup  Pemkab Jembrana. 

Dalam peta Pulau Bali, lokasi Segara Rupek ini tepat berada di ujung hidung Pulau Bali yang termasuk dalam wilayah Kabupaten Buleleng. Keberadaan Pura Segara Rupek dapat ditempuh dengan melewati jalan menuju ke Pura Prapat Agung dan dari lokasi Pura Prapat Agung dilanjutkan lagi menempuh perjalanan darat sekitar 5 km menelusuri hutan lindung Taman Nasional Bali Barat (TNBB). Dari sinilah jarak dekat antara Bali dengan Jawa dan di sinilah secara historis menurut sumber-sumber susastra-babad, kisah pemisahan Bali dengan Jawa dimulai, sehingga Bali menjadi satu pulau yang utuh dan unik. 

Di Pura Kahyangan Jagat Segara Rupek, Bupati Artha bersama rombongan melakukan bhakti pujawali dan ngaturang pakelem dengan mulang sarana bebantenan ke tepi laut. Pemuput upacara, Ida Rsi Agung Kusuma Yoga, Grya Tulikup Gianyar mengatakan, upacara kali ini adalah upacara Uti Ngawarsa (pakelem) yang diadakan setiap setahun sekali.“Tujuannya adalah untuk lebih mempertebal rasa bakti sesuai dengan sumber susastra, dan ikut juga mayadnya ngastitiang kerahayuan jagat Bali, bahkan seluruh wilayah Indonesia,” ucapnya.

Sementara itu Bupati Artha mengatakan upacara ini diharapkan mampu menciptakan kerahayuan jagat Jembrana dan Bali pada umumnya. Ia juga menambahkan, pelaksanaan bhakti pujawali dan matur pakelem yang diikuti Pemkab Jembrana juga untuk mendoakan agar Jembrana diberikan keselamatan, keteduhan dan senantiasa damai. Usai persembahyangan, Bupati Artha juga menghaturkan punia prosesi upakara yang diterima Wayan Sumarna panitia setempat.(yogi/r4)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Redaksi Balikini.net menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan di Balikini.net . Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca berhak melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Redaksi Balikini.net akan menilai laporan dan berhak memberi peringatan dan menutup akses terhadap pemberi komentar.

Terimakasih
www.balikini.net