-->

Minggu, 16 Juni 2019

Unwar Buka Prodi Vokasi Sistem Informasi Akuntansi

Unwar Buka Prodi Vokasi  Sistem Informasi Akuntansi

Denpasar, BaliKini.Net - Memenuhi tuntunan stakeholder terkait kualitas lulusan perguruan tinggi (PT) di era revolusi industri 4.0 yang serba digital ini, Universitas Warmadewa ( Unwar) membuka program studi baru informasi akuntansi. Program vokasi (Sarjana Terapan) ini, akan menjawab kebutuhan pasar kerja yang selama ini meminta tenaga keuangan yang juga menguasainya teknologi informasi.

Rektor Unwar Prof. dr. I Dewa Putu Widjana, DAP&E.,Sp.Park., dalam jumpa pers mengatakan bahwa, saat ini lulusan Prodi Vokasi sangat familiar, bahkan sangat dibutuhkan dalam dunia kerja. Apalagi pemerintah memang mendorong untuk tumbuhnya prodi vokasi ini. Sebab, lulusan program vokasi memiliki keterampilan yang lebih dibandingkan lulusan program sarjana. Kurikulum dan sistem pembelajarannya pun berbeda. Program vokasi lebih mengutamakan keterampilan sebanyak 70%, sedangkan ilmu pengetahuannya hanya 30%. Sistem ini terbalik dengan sistem yang diberlakukan pada program sarjana yang lebih mengutamakan ilmu pengetahuan.

"Dalam penerimaan mahasiswa baru tahun ini kami sudah membuka dua kelas  untuk jurusan Sistem Informasi Akuntansi. Kami berharap, masyarakat bisa memanfaatkan kesempatan ini, karena lulusannya sudah pasti siap kerja dan sangat dibutuhkan dunia kerja," terang Prof. Widjana.

Widjana memaparkan, pada tahap awal, pihaknya hanya menampung 80 mahasiswa baru yang akan dibagi menjadi dua kelas. "Saya yakin semua perusahaan nanti membutuhkan sarjana terapan. Karena ini ilmu baru dan belum ada PT di Bali yang memiliki program Vokasi ini, sehingga sampai saat ini sambutan masyarakat juga sangat baik. Sebab, keunggulan program ini mampu menghasilkan lulusan siap kerja," katanya.


Ir. Pariutama Westra, Ketua Prodi Sistem Informasi Akuntansi Unwar mengatakan di semua negara pendidikan vokasi jauh lebih banyak dari pendidikan akademis. Oleh karena itu pemerintah memang sangat mendorong tumbuhnya prodi vokasi ini. "Prodi Sistem Informasi Akuntansi ini untuk menyongsong era revolusi industri 4.0, karena semua sistem akuntansi (laporan keuangan) akan menggunakan sistem informasi. Jadi berbasis komputerisasi tidak manual lagi seperti sebelumnya," papar Westra.

Keunggulan jurusan ini, pendidikan lebih singkat yaitu 3 tahun dengan titel ahli madya. Setelah tamat bisa langsung bekerja, atau bagi yang ingin melanjutkan pendidikan bisa melanjutkan ke S1 juga bisa sambil bekerja.

Karena program tersebut masih pada tahun pertama maka biaya pendidikan masih diberikan diskon yaitu pendaftaran ditahun pertama dan biaya semester pertama total Rp6,9 juta dan untuk semester berikutnya hanya Rp3,5 juta. Jauh lebih murah dari biaya di S1. Pendaftaran untuk gelombang I masih dibuka hingga 27 Juni dan gelombang II dibuka pendaftaran 8 Juli - 1 Agustus 2019.

Keterangan foto : Rektor Unwar Prof. dr. I Dewa Putu Widjana, DAP&E.,Sp.Park., ( baju hitam) sebelah kanan Wakil Rektor II Ni Putu Partamawati, SE.,MM., Berurut - turut ke kiri Ir. Pariutama Westra, Ketua Prodi Sistem Informasi Akuntansi Unwar,
Wakil Rektor I Ir. I Nyoman Kaca, M.Si. dan Manik Sastri, SE, MSi, Ak.CA., Pengelola Jurusan Vokasi [ */a]

Read other related articles

Also read other articles

© Copyright 2021 BALIKINI.NET | BERIMBANG, OBYEKTIF, BERBUDAYA | All Right Reserved