-->

Selasa, 16 Juli 2019

Gempa Bumi Nusa Dua Berdampak Hingga Jembrana Bahkan Luar Bali

Gempa Bumi Nusa Dua Berdampak Hingga Jembrana Bahkan Luar Bali

Jembrana,BaliKini.Net - Wilayah Samudera Hindia Selatan Barat Daya Bali, Selasa (16/7) diguncang gempa bumi tektonik dengan parameter kekuatan 6.0 SR dengan lokasi 83 km Barat Daya Nusa Dua, Bali Lintang : 9.11 LS, Bujur : 114.54 BT dengan kedalaman 68 Km dan Gempa Bumi tersebut tidak berpotensi Tsunami.

Berikut dampak sementara pasca Gempa Bumi tersebut. Kab. Tabanan, Gempa Bumi dirasakan namun belum ditemukan dampak yang terjadi dan kondisi saat ini masyarakat di Kab. Tabanan sudah beraktifitas seperti biasa. Kab. Badung, terjadi beberapa kerusakan ringan diantaranya  SDN Negeri 1 Ungasan Nusa Dua mengalami retak & genteng melorot/rontok, Kantor Camat Kuta mengalami retak ringan, SDN 11 Jimbaran mengalami retak ringan, Gapura ITDC di bagian unjungnya rekat & rontok ringan  Hotel Mercure Nusa Dua mengalami retak ringan, Alfamart di Jln.Bali Cliff No.48 Ungasan, Kuta Selatan mengalami retak ringan, Gedung Serbaguna dan Kantor Kanwil Bea cukai  Areal SPBU Jln. Bandara Ngurah Rai terjadi kerusakan Genteng melorot. Kab. Bangli, gempa Bumi dirasakan namun belum ditemukan dampak yang terjadi dan kondisi saat ini masyarakat di Kab. Bangli sudah beraktifitas seperti biasa. Kab. Klungkung, gempa Bumi dirasakan namun belum ditemukan dampak yang terjadi dan kondisi saat ini masyarakat di Kab. Klungkung sudah beraktifitas seperti biasa. Kab. Gianyar, gempa Bumi dirasakan namun belum ditemukan dampak yang terjadi dan kondisi saat ini masyarakat di Kab. Gianyar sudah beraktifitas seperti biasa. Kab. Singaraja, gempa Bumi dirasakan namun belum ditemukan dampak yang terjadi dan kondisi saat ini masyarakat di Kab. Singaraja sudah beraktifitas seperti biasa. Kota Denpasar, tembok pagar Pura Lokanatha Taman Lumintang roboh. Kab. Jembrana,  Gempa Bumi dirasakan dan ditemukan dampak yang terjadi pad plafon Ruang sekolah SDN I, di Br. Yeh Satang, Desa Yeh Sumbul mengalami kerusakan terkena genteng dan rangkaian baja, rangkaian baja kondisinya saat ini sudah karatan, dari pihak guru menyampaikan sebelumnya sudah ditinjau dari Dinas PU, yang rencananya akan direhab tahun ini, Tembok Ruang Lab SMPN 5 Mendoyo, di Br. Yeh Satang, Desa mengalami retak dan atap Sekolah SMK N 3 Negara Kel. Tegalcangkring, Genteng Melorot/berjatuhan.

Kalaksa BPDB Kabupaten Jembrana, I Ketut Eko Susila Artha Permana, SE, M.Si, menjelaskan yang perlu penangan segera adalah rungan Lab. IPA karena membahayakan siswa siswi SMP N5 Mendoyo, Kabupaten Jembrana. "Ada dua korban luka diantaranya siswa I Ketut Semadi Yoga Yasa mengalami lecet, luka serta Ni Komang Ariani mengalami pingsan dan sudah kita perintahkan Tim Atensi Lapangan dipimpin Kasi Kedaruratan dan Logistik, Danton TRC, TRC Regu II, staf R&R untuk melakukan penanganan, hingga kondisi saat ini masyarakat di Kab. Jembrana sudah beraktifitas seperti biasa", jelasnya.

Untuk diketahui, hasil analisis BMKG menunjukkan informasi awal gempabumi ini berkekuatan M=6 yang selanjutnya dilakukan pemutakhiran menjadi M=5,8. Episenter gempabumi terletak pada koordinat 9,08 LS dan 114,55 BT, atau tepatnya berlokasi di laut pada jarak 80 km arah Selatan Kota Negara, Kabupaten Jembrana, Propinsi Bali pada kedalaman 104 km.

Guncangan gempa bumi ini bahkan dilaporkan dirasakan di daerah Badung V MMI, Nusa Dua IV-V MMI, Denpasar, Mataram, Lombok Tengah, Lombok Barat IV MMI, Banyuwangi, Karangkates, Sumbawa, Lombok Timur, Lombok Utara III MMI, jember, lumajang II- III MMI. Hingga saat ini belum ada laporan dampak kerusakan yang ditimbulkan akibat gempabumi tersebut. Hasil pemodelan menunjukkan bahwa gempa bumi tidak berpotensi tsunami.

Gempa ini, dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenter, tampak bahwa gempabumi berkedalaman menengah ini diakibatkan oleh aktivitas subduksi Lempeng Indo-Australia yang menyusup ke bawah Lempang Eurasia. Hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan bahwa gempabumi ini dibangkitkan oleh deformasi batuan dengan mekanisme pergerakan jenis naik mendatar (oblique thrust fault).

Selanjutnya, hingga pukul 08.50 Wita, hasil monitoring BMKG belum menunjukkan adanya aktifitas gempa bumi susulan (aftershock). Kepada masyarakat dihimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya.

Namun, pihak BMKG menghimbau masyarakat agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya. Agar menghindari dari bangunan yang retak atau rusak diakibatkan oleh gempa. "Periksa dan pastikan bangunan tempat tinggal anda cukup tahan gempa, ataupun tidak ada kerusakan akibat getaran gempa yg membahayakan kestabilan bangunan sebelum anda kembali ke dalam rumah", himbau petugas BMKG. (JMS)

Read other related articles

Also read other articles

© Copyright 2021 BALIKINI.NET | BERIMBANG, OBYEKTIF, BERBUDAYA | All Right Reserved