-->

Selasa, 16 Juli 2019

Koster Dampingi Megawati Jadi Saksi Pediksan Penglingsir Puri Gianyar

Koster Dampingi Megawati Jadi Saksi Pediksan Penglingsir Puri Gianyar

Gianyar ,BaliKini.Net - Gubernur Bali Wayan Koster mendampingi Presiden ke-5 RI Megawati Soekarnoputri menghadiri Upacara Padiksan Penglingsir Puri Agung Gianyar AA Gde Agung Bharata di Puri Agung Gianyar, Gianyar, Selasa (16/7). 

Upacara ini juga dihadiri Bupati Gianyar Made Mahayastra, Bupati Badung Nyoman Giri Prasta, Bupati Bangli Made Gianyar dan sejumlah tokoh lainnya.

Kedatangan Megawati yang juga Ketua Umum PDI Perjuangan bersama Gubernur Koster mendapat sambutan khusus dari Puri Agung Gianyar, yang menggelar ritual biakaon agung dan tari penyambutan. 

Tak sekedar hadir, putri Bung Karno juga menjadi saksi khusus dalam upacara pediksan mantan Bupati Gianyar. Dalam prosesi ini juga terungkap bahwa Megawati Soekarnoputri yang mendorong AA Gde Agung Bharata untuk melengkapi tahapan kehidupan menurut agama Hindu dengan menjadi pandita atau yang dikenal dengan Bhiksuka Asrama.

Sebelum didiksa, Anak Agung Gde Agung Bharata telah melewati berbagai tahapan penyucian diri mulai dari bersemedi di Pantai Masceti hingga melakukan prosesi ‘Seda Raga’ untuk membunuh sad ripu atau enam musuh yang ada dalam diri manusia. 

Setelah didiksa, penglingsir Puri Agung Gianyar ini resmi berubah status menjadi Pandita Hindu Bali dengan gelar 'Ida Bhagawan Blebar Gianyar'.*

Read other related articles

Also read other articles

© Copyright 2021 BALIKINI.NET | BERIMBANG, OBYEKTIF, BERBUDAYA | All Right Reserved