-->

Selasa, 09 Juli 2019

Pansus Target Awal Agustus Revisi Perda RTRW Ketok Palu

Pansus Target Awal Agustus Revisi Perda RTRW Ketok Palu

DENPASAR,BaliKini.Net - Pansus Revisi Perda Nomor 16 Tahun 2009 tentang Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW) Provinsi Bali kembali melakukan pembahasan. Jika dilihat dari waktu, revisi Perda RTRW tergolong sangat lama dibandingkan Perda yang selama ini dibahas oleh DPRD Bali, yakni sekitar 1 tahun.

“Sebenarnya inikan pembahasannya hampir setahun. Perda ini paling lama yang kita bahas. Karena ini menyangkut rencana Bali ke depan, baik ruangnya, transportasi, dan ketimpangan,” jelas Ketua Pansus Revisi Perda RTRW Ketut Kariyasa Adnyana seusai rapat, Selasa (09/07) kemarin.

Menurutnya, saat ini draft revisi Perda RTRW Provinsi Bali sedang proses koreksi beberapa Kementerian. Yakni Kementrian Agraria Tata Ruang dan Badan Pertanahan Negara (ATR/BPN) dan Kementerian Lingkungan Hidup (KLH). Bukan hanya itu saja, rencananya, Gubernur bersama kepala daerah se-Bali akan dipanggil untuk membuat kesepakatan. “Ini di Kementrian koreksi terus. Ada beberapa lampiran yang sudah dikoreksi untuk kepentingan nasional. Misalnya, harus tersedia kawasan Terbuka Hijau (sawah), ketinggian bangunan.biar tidak ada pertentangan, Gubernur dan Bupati/walikota akan dipanggil untuk dilakukan kesepakatan,” akunya.

Lebih lanjut, Kariyasa menyebut bahwa Perda RTRW sangat berbeda dengan perda yang lain. Pasalnya, tak hanya soal daerah, tetapi kepentingan nasional juga harus ikut diakomodir. Sedangkan perda yang lain, ditetapkan kemudian diverifikasi. Sementara itu, Perda RTRW kebalikannya. “Sangat beda sekali Perda RTRW ini. Disamping juga kepentingan nasional. Kalau disini (RTRW) disepakati  dulu, kemudian rancangannya disepakati Gubernur dan Ketua DPRD, kemudian dipanggil Kementrian dan ditetapkan. Setelah itu ada verifikasi lagi,” tandasnya.

Pansus juga optimis jika Perda bisa disahkan sebelum pergantian Anggota Dewan baru. Yakni awal bulan Agustus 2019 mendatang. “Hasil konsultasi bahwa Bulan Juli kita kejar, kapan pun kita siap. Paling lambat awal Agustus sudah clear,” pungkasnya. Dp/r2

Read other related articles

Also read other articles

© Copyright 2021 BALIKINI.NET | BERIMBANG, OBYEKTIF, BERBUDAYA | All Right Reserved