-->

Rabu, 03 Juli 2019

Tinggi, Penyerapan Kartu Pencari Kerja Di Jembrana

Tinggi, Penyerapan Kartu Pencari Kerja Di Jembrana

Jembrana,BaliKini.Net - Penyerapan kartu pecari kerja ( pencaker) di Jembrana tergolong tinggi. Pada tahun 2018, Dinas Penanaman Modal, Pelayanan Terpadu Satu Pintu dan Tenaga Kerja Jembrana  telah mengeluarkan 1377 kartu pencari kerja bagi warga Jembrana. Kartu yang dulu dikenal dengan nama kartu kuning itu, sangatlah penting sebagai prasyarat melamar pekerjaan. Tidak hanya diinstansi negeri tapi juga dibeberapa perusahaan swasta.

Hal itu disampaikan Kepala Dinas Penanaman Modal, Pelayanan Terpadu Satu Pintu dan Tenaga Kerja Jembrana I Komang Suparta, rabu ( 3/7). “ Dilanjutkannya, fungsi kartu kuning sendiri saat ini bukan hanya menjadi syarat untuk melamar pekerjaan saja. "Kartu pencaker itu juga penting supaya Dinas PMPTSPTK  bisa mendata jumlah pencari kerja di daerah. Bukan hanya untuk melamar kerja saja,”terang Suparta.  

Ia menambahkan , banyak orang mengira kartu pencaker ini hanya berfungsi saat melengkapi pendaftaran CPNS, tapi sebenarnya lebih dari itu. Melalui kartu itu, pihak dinas juga bisa mendata apabila pencari kerja belum dan sudah mendapatkan pekerjaan. “ Dulu kartu ini dikenal dengan  kartu kuning karena warna setelah dicetak  kuning. Tapi sekarang disebut kartu pencaker , dengan warna cetakan putih, “papar Suparta. 

Namun Komang Suparta tak menampik, masyarakat yang mencari   kartu pencaker melonjak jumlahnya  saat masa-masa pendaftaran CPNS . Seperti tahun 2018 lalu, biasanya  tiap bulan yang memohon pencaker rata-rata diangka 60-an orang. Sedangkan dibulan juli tahun lalu, saat dimulainya pendaftaran CPNS , jumlahnya melonjak menjadi 485 orang .” Hal ini dikarenakan adanya permintaan warga untuk mengikuti test CPNS. Tahun ini juga kita antisipasi untuk memenuhi kebutuhan warga. Kedepan tentu akan kita sempurnakan dengan  sistem berbasis online yang memudahkan mengakses data-data. Termasuk info pekerjaan yang cocok bagi mereka melalui  Informasi kerja online ,  “ ungkap mantan Kabag Humas Protokol ini. 

Disinggung mengenai langkah- langkah membantu pencari kerja, Pemkab Jembrana ternyata telah menyiapakan sejumlah program. Ia menjelaskan berbagai program itu  guna mendukung angkatan kerja mencari pekerjaan . Seperti  melalui sejumlah program pelatihan berdasarkan trend terkini  maupun potensi permintaan pasar kerja kedepan. Ada juga kegiatan Job Fair yang mempertemukan pencari kerja dengan penyedia pekerjaan/perusahaan. Selanjutnya mengadakan  program peningkatan produktivitas tenaga kerja sehingga tenaga kerja yg sudah bekerja makin produktif , serta dengan bekerjasama dengan lembaga-lembaga penempatan tenaga kerja yang berijin resmi untuk menyalurkan tenaga kerja . ( abhi/r5 )

Read other related articles

Also read other articles

© Copyright 2021 BALIKINI.NET | BERIMBANG, OBYEKTIF, BERBUDAYA | All Right Reserved