Walikota Rai Mantra Ikuti Rangkaian Piodalan Di Pura Pengubengan Besakih. - Bali Kini

Bali Kini

Bali Kini, Portal Berita Bali

Breaking News

Selasa, 16 Juli 2019

Walikota Rai Mantra Ikuti Rangkaian Piodalan Di Pura Pengubengan Besakih.

Denpasar.BaliKini.Net  - Bertepatan dengan Rahina Purnama Kasa, Selasa (16/7) Walikota Denpasar I.B Rai Dharmawijaya Mantra didampingi Kabag Kesra Setda Kota Denpasar, Raka Purwantara serta perwakilan sejumlah OPD dilingkungan Pemkot Denpasar lainnya mengikuti serangkaian upacara Piodalan Pura Pengubengan Besakih yang dilaksanakan rutin tiap tahunnya di Pura setempat.

Pura Pengubengan ini merupakan salah satu pura yang di empon  oleh Pemerintah Kota Denpasar, dimana di Pura Pengubengan ini berdiri pelinggih Pesamuhan Bhatara Kabeh yang merupakan rangkaian sebelum Bhatara Turun Kabeh di Penataran Agung.

Walikota Denpasar I.B Rai Dharmawijaya Mantra berkesempatan Nedunang Ida Bhatara Naga Tat Saka Malinggih di Meru Tumpang Solas di Pura Pengubengan Besakih. “Dengan selalu memohon petunjuk kehadapan Ida Sang Hyang Widhi Wasa dari pelaksanaan upacara ini mampu memantapkan Sradha Bhakti umat dalam menjalankan kehidupan sehari-hari” ujar Rai Mantra.

Di tempat yang sama, Pemangku Pura Pengubengan Jro Mangku Nyoman Artawan menjelaskan rangkaian Piodalan di Pura Pengubengan Besakih pada Selasa (16/7) diisi dengan upacara Nedun Ida Bhatara Naga Tat Saka Malinggih di Meru Tumpang Solas serta Pujawali dipuput oleh Ida Pedanda Gede Manu Singa Raga dari Gria Taman Sari Sangkan Gunung Muncan.

"Adapun rentetan upacaranya dimulai dengan Nedunang Ida Bhatara, Metik- metik dan Ngiasin (Merias) dilanjutkan dengan Ngelinggihang di Meru Tumpang Solas dan setelah Ida Bhatara melinggih, semua umat melaksanakan pemuspan” paparnya.

Lebih lanjut dikatakan, rangkaian Piodalan dimulai sejak 13 Juli 2019 lalu dengan upacara Mendak Tirta dan Ngaci. Sedangkan pada Rabu (17/7) hingga tiga hari kedepannya dilaksanakan dilaksanakan Bhakti Penganyar dan Nyineb Karya.

"Selaku salah satu pengempon pura, saya ucapkan terimakasih banyak kepada Pemkot Denpasar yang selalu memberikan perhatiannya setiap pelaksanaan pujawali di Pura Pangubengan ini dan saya berharap jalinan ini akan terus terlaksana agar terciptanya keharmonisan di antara pengempon pura," pungkas Jro Mangku Artawan.(esa/r4)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Redaksi Balikini.net menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan di Balikini.net . Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca berhak melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Redaksi Balikini.net akan menilai laporan dan berhak memberi peringatan dan menutup akses terhadap pemberi komentar.

Terimakasih
www.balikini.net