-->

Iklan

Menu Bawah

Kembangkan Peternakan di Tabanan, Bupati Eka serahkan bibit Kambing Boerka di Pupuan

BaliKini.Net
Selasa, 27 Agustus 2019, 19.44 WIB Last Updated 2019-08-27T12:44:33Z
Tabanan ,BaliKini.Net  – Bekerjasama dengan pihak BPTP Bali, Bupati Tabanan Ni Putu Eka Wiryastuti, serahkan secara simbolis Bibit Ternak Kambing Boerka, kepada Peternak kambing di Tabanan, bertempat di Desa Sanda, Pupuan, (27/8).

Selain sektor pertanian, sektor yang perannya cukup besar dan menjadi andalan dalam pertumbuhan ekonomi di Tabanan adalah sektor peternakan, salah satunya adalah sektor ternak kambing. Dalam pemberdayaan masyarakat berbasis pertanian dan pariwisata, maka pengembangan ternak kambing sangatlah tepat dilakukan, mengingat Tabanan sebagai daerah agraris.

Disamping itu, berkembangnya isu strategis saat ini terkait lambatnya perkembangan ternak kambing di Tabanan, dimana disebabkan oleh terkendalanya faktor ketersediaan bibit unggul. Untuk itu, Bupati Eka berinisiatif menyebarkan bibit kambing unggul jenis boerka, yang merupakan persilangan antara kambing boer dengan kambing kacang.

“Bibit unggul kambing boerka dipilih, karena potensi pertumbuhan dan bobot hidup yang tinggi serta memiliki sifat fertilitas yang baik. Sehingga meningkatkan kualitas dan meningkatkan populasi kambing yang ada di Kabupaten Tabanan,” ungkap Bupati Tabanan saat memberikan sambutan pembukaan.

Hal ini diharapkan nantinya bisa memacu roda perekonomian peternak, serta dapat mendorong pertumbuhan ekonomi Daerah. Disamping itu, setiap orang atau siapapun yang melakukan usaha pasti ingin usahanya berhasil, begitupun dengan kambing Boerka di Tabanan ini. Sehingga dengan adanya kambing boerka ini mengantarkan Tabanan menjadi daerah penghasil bibit unggul kambing boerka dan dapat memenuhi kebutuhan daging kambing di provinsi Bali, sekaligus menjadi pusat pengembangan kambing boerka serta mampu mendukung keberadaan Taman Teknologi Pertanian (TTP) di Desa Sanda.

Untuk itu, Bupati Eka mengucapkan terimakasih kepada seluruh pihak yang telah ikut berpartisipasi demi kemajuan Kabupaten Tabanan. “Pada kesempatan ini, sekaligus Saya mengucapkan terimakasih kepada semua pihak yang telah ikut berpartisipasi dalam mewujudkan kesejahteraan dan pembangunan di Kabupaten Tabanan,” imbuh srikandi asal Tegeh, Angseri itu.

Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Tabanan yang juga hadir saat itu menambahkan, bahwa latarbelakang diserahkan bibit kambing boerka ini di Sanda, Pupuan, karena Pupuan merupakan daerah yang sangat potensial untuk dikembangkan dalam bidang pertanian dan perkebunan. Pupuan mempunyai lahan yang subur, daerah dengan curah hujan cukup tinggi serta wilayahnya terdiri dari lahan pertanian dan perkebunan yang cukup luas.

Disamping itu, Pupuan juga merupakan sentra pengembangan ternak kambing, sehingga sangatlah tepat kegiatan ini dilakukan di Pupuan. Selain itu, dengan adanya ternak kambing ini nantinya juga akan mempengaruhi sektor perkebunan lainnya, yakni kopi. “Melalui sistem integrasi tanaman kopi dengan ternak kambing akan memberi keuntungan kepada petani, karena kotoran kambing bisa digunakan sebagai pupuk yang mempunyai kualitas lebih baik dari kotoran sapi maupun ayam,” ungkap Budana.

Mengacu pada hal tersebut, Pemkab Tabanan menyerahkan bantuan ini kepada empat kelompok ternak kambing, diantaranya Kelompok Ternak Desa Mundeh, Selbar, dan 3 kelompok ternak di Desa Sanda, Pupuan. Sekitar 100 ekor bibit kambing diserahkan secara simbolis saat itu oleh Bupati Tabanan, Ni Putu Eka Wiryastuti, dan adanya kambing boerka di Pupuan ini merupakan ternak kambing boerka satu-satunya di Bali.

Pada kegiatan yang juga dihadiri oleh perwakilan Badan Litbang Pertanian Pusat, Kepala Pusat Penelitian dan Pengembangan Perkebunan Bali beserta jajaran dan Kepala BTP Bali tersebut juga dilakukan penyerahan varietas tanaman unggul kepada Bupati Eka, yakni tanamam Durian Kenyit, Salak madu Munduktemu, Bambu Tabah, dan Gonda Timpag. *
Komentar

Tampilkan

BERITA TERBARU

Kabar Internasional

+