MELAYA DAN JEMBRANA ADU KEBOLEHAN GONG KEBYAR - Bali Kini

Bali Kini

Bali Kini, Portal Berita Bali

Breaking News

Sabtu, 24 Agustus 2019

MELAYA DAN JEMBRANA ADU KEBOLEHAN GONG KEBYAR

Jembrana ,BaliKini .Net -Dalam Rangkaian Hut Kota Negara ke 124 dan HUT Ri ke 74, Pemkab Jembrana menggelar Lomba Gong Kebyar Wanita yang diselenggarakan pada Selasa (21/8) di Stage Terbuka Ardha Candra Pura Jagatnatha. Beradu kebolehan pada hari tersebut, Sekaa Gong Wanita Duta Wahana Sandi Suara Desa Yehkuning berhadapan dengan Sekaa Gong Gentha Saraswati Desa Melaya. Turut Menyaksikan Bupati Jembrana I Putu Artha dan Wabup Kembang HArtawan beserta perwakilan Forkopimda dan kepala – kepala OPD Pemkab Jembrana serta maryarakat umum.

Lomba tersebut di nilai langsung oleh tiga juri yang merupakan professional dalam seni tabuh, dan ketiganya merupakan dosen di ISI Denpasar. Ketiga juri tersebut adalah, I Wayan Suweca, AA Mayun Artati, I Wayan Suharta. Menurut Wayan Suweca ada tiga hal yang dinilai dalam lomba tersebut, yaitu teknik, kreativitas dan penampilan. “Teknik yang bagus pasti menghasilkan suara yang bagus, kemudian kreativitas yang dimaksud seperti  hiasan gending tabuh, strukturnya dan semua yang membuat gending tabuh menjadi indah. Sedangkan penampilan mulai tata kostum, ekspresi dan juga gayanya” ucapnya.

Pada lomba tersenut, Sekaa Gong Wanita Duta Wahana Sandi Suara Desa Yehkuning menampilkan tabuh kreasi ireng ketelun, kemudian dilanjutkan tari rejang cili, tabuh kreasi urmy segara dan di tutup tabuh gegitaan tirta segara. Sedangkan Sekaa Gong Gentha Saraswati Desa Melaya menampilkan tabuh kreasi Sunari, tari Rejang Betel, Tabuh Kreasi Lilaning Dungulan dan kemudian penampilan ditutup dengan Tabuh Gegitaan Jembrana Santhi.(adisuta/r5)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Redaksi Balikini.net menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan di Balikini.net . Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca berhak melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Redaksi Balikini.net akan menilai laporan dan berhak memberi peringatan dan menutup akses terhadap pemberi komentar.

Terimakasih
www.balikini.net