Sambut Hut Prokamasi Kemerdekaan RI ke-74 - Bali Kini

Bali Kini

Bali Kini, Portal Berita Bali

Breaking News

Jumat, 09 Agustus 2019

Sambut Hut Prokamasi Kemerdekaan RI ke-74

Desa dan Kelurahan Serentak Gelar Aksi Kebersihan Lingkungan

Denpasar, BaliKini.Net - Serangkaian menyambut Hut Proklamasi Kemerdekaan  RI ke-73 Tahun 2019, beragam kegiatan turut digelar. Salah satunya adalah aksi kebersihan serentak yang dilaksanakan Desa dan Kelurahan di Kota Denpasar pada Jumat (9/8).  Pelaksanaan aksi kebersihan ini digelar serentak di 53 Desa/lurah di Kota Denpasar, seperti halnya yang terlihat di kawasan kelurahan Sumerta, Desa Peguyangan Kangin, Kelurahan Serangan, Kelurahan Pemecutan, Kelurahan Sesetan, Kelurahan Sanur, dan Desa Pemogan. 

Sejak pagi hari tampak antusiasme masyarakat yang membawa beragam alat kebersihan telah bersiaga di depan rumah masing-masing. Turut berpartisipasi pula siswa SD dan SMP di sekitaran desa. Selain melaksanakan aksi kebersihan, beberapa masyarakat tampak menghias gerbang rumahnya dengan ornamen khas kemerdekaan, seperti Bendera, umbul-umbul serta ornamen lainya. 

Lurah Sumerta, I Wayan Eka Apriana menjelaskan bahwa masalah kebersihan bukan saja menjadi tanggungjawab pemerintah semata, namun diperlukan peran serta dan kesadaran dari semua masyarakat yang ada di Kota Denpasar sehingga tercipta Denpasar bersih dan hijau. 

“Kami terus berupaya mendorong masyarakat untuk terus melakukan kegiatan bersih-bersih sesuai dengan apa yang sering didengungkan  Walikota Rai Mantra maupun Wakil Walikota Jaya Negara yakni menciptakan Kota Denpasar yang bersih dan hijau,” jelasnya. 

Kegiatan ini selain untuk menyambut HUT RI ke-74, juga sebagai bentuk sinergi antara Pemerintah Kota Denpasar dengan lapisan masyarakat maupun kelurahan melalui aksi gerakan kebersihan lingkungan yang serentak dilaksanakan di 7 lingkungan banjar. 

“Kedepan kegiatan seperti ini akan terus berkelanjutan, demi terciptanya suasana yang nyaman, bersih yang sudah barang tentunya menciptakan Denpasar yang bersih dan hijau,” ucapnya. 

Ditempat terpisah, Lurah Sanur, Kecamatan Denpasar Selatan, IB Raka Jisnu sangat mengapresiasi antusiasme masyarakat yang mengikuti kegiatan kerja bakti secara serentak di lingkungannya. Menurutnya, dari kegiatan kerja bakti ini kalau sudah sesering mungkin dilaksanakan maka akan tercipta lingkungan yang benar-benar bersih. “Menurut saya tingkat kesadaran warga masyarakat sekarang ini sudah meningkat, namun dalam hal ini tidak saja lingkungan harus bersih, namun sungai pun juga harus bersih serta menjadi perhatian kita bersama-sama,” paparnya. 

Kabag Humas dan Protokol Setda Kota Denpasar, I Dewa Gede Rai mengatakan Pemkot Denpasar sangat mengapresiasi serta mendukung setiap kegiatan yang dilakukan baik itu oleh OPD, Kecamatan, Kelurahan, Desa hingga masyarakat dilingkungan Kota Denpasar dalam menyambut HUT RI ke-74. Salah satunya adalah aksi kebersihan serentak ini, dimana kegiatan ini sangat efektif untuk membangkitkan kesadaran masyarakat serta memberikan kesadaran akan pentingnya pola hidup bersih dan sehat. 

“Kami apresiasi setiap kegiatan serangkaian menyambut Hari Kemerdekaan,  dan kita harus secara bersama-sama mewujudkan Denpasar bersih, sehat, dan hijau serta dalam upaya membangkitkan jiwa semangat gotong royong. Hal ini harus dimulai dari diri sendiri, kemudian yang terpenting juga harus menggetok tularkan kepada generasi muda. Mereka harus dididik sejak dini guna membiasakan pola hidup bersih, sehingga kesadaran masyarakat akan semakin meningkat,” pungkasnya. (Ags/r4).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Redaksi Balikini.net menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan di Balikini.net . Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca berhak melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Redaksi Balikini.net akan menilai laporan dan berhak memberi peringatan dan menutup akses terhadap pemberi komentar.

Terimakasih
www.balikini.net