-->

Selasa, 20 Agustus 2019

Wabup Artha Dipa Ajak Anak Gemar Makan Ikan

Wabup Artha Dipa Ajak Anak Gemar Makan Ikan

Karangasem ,BaliKini.Net - Wakil Bupati Karangasem I Wayan Artha Dipa mengajak masyarakat terutama anak anak untuk gemar makan ikan melalui kegiatan Gemarikan (Gerakan Makan Ikan) dan pemberian makanan tambahan untuk  anak sekolah (PMTAS) , Selasa (20/8/2019) di Wantilan Balai Penyuluhan Pertanian Kecamatan Rendang. 

Kegiatan yang digelar oleh Dinas  Perikanan Kabupaten Karangasem bersama Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Bali itu bertujuan untuk membangun kesadaran gizi individu maupun kolektif masyarakat untuk gemar mengkonsumsi ikan. 

Turut hadir pada acara ini , Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Karangasem,Camat Rendang,Kepala Polsek Rendang, seluruh Anggota FORIKAN Kabupaten Karangasem,kepala sekolah bersama guru-guru dan murid - murid peserta GEMARIKAN.

Wabup Artha Dipa mengatakan,  ikan sangat bermanfaat untuk manusia terutama anak-anak sehingga masyarakat khususnya anak-anak perlu didorong untuk gemar makan ikan. “Ikan merupakan bahan pangan sehat yang bergizi tinggi, mengandung omega 3 yang cukup baik bagi kecerdasan dan mampu mengisi kebutuhan gizi anak selama golden period atau 1.000 Hari Pertama Kehidupan, termasuk, sangat baik bagi ibu pada periode persiapan kehamilan, masa kehamilan, hingga memberikan ASI” kata Bupati.

Lebih lanjut Artha Dipa berharap, melalui berbagai kegiatan Gemarikan akan terbangun kesadaran gizi individu maupun kolektif masyarakat untuk gemar mengkonsumsi ikan. Bupati juga berharap, keberadaan forum peningkatan konsumsi ikan (Forikan) yang ditetapkan dengan Surat Keputusan Bupati No 291/HK/2017,  bisa menjadi garda terdepan dalam upaya meningkatkan konsumsi ikan sekaligus pemenuhan kebutuhan gizi masyarakat Kabupaten Karangasem. “Apabila anak-anak kita gemar makan ikan, diharapkan generasi kedepan akan menjadi pemimpin-pemimpin yang cerdas, mandiri, dan tangguh  dalam menghadapi tantangan” tambah Wabup.

Presiden kita telah mencanangkan Indonesia menjadi Poros Maritim. Untuk itu diperlukan kerja keras untuk memacu tingkat konsumsi ikan masyarakat. “Kita harus meningkatan produktivistas petani ikan dan menggerakan rumah tangga untuk memprioritaskan menu ikan pada makanan sehari-hari” lanjut Artha Dipa. 

Untuk itu, Pemerintah Kabupaten terus mengupayakan agar masyarakat Karangasem semakin gemar mengkonsumsi ikan air tawar, apapun jenis ikan tersebut. “Ikan bukan barang mahal dan bukan barang mewah dan sangat mudah mendapatkannya apalagi di Kabupaten Karangasem yang banyak air dan daerahnya cocok untuk budidaya” katanya.

Kepala Dinas Perikanan dan Kelautan Kabupaten Karangasem  I Ketut Artama,  melaporkan berdasarkan data potensi perikanan Budidaya di Kabupaten Karangasem di kolam mencapai kira-kira sebanyak 225 ha , di tambak sebanyak 90 ha, mina padi 7300 ha. Total produksi perikanan di Kabupaten Karangasem tahun 2017 sebesar 24,9 ribu ton, dengan nilai lebih dari 323 Milyar. Meski memiliki panjang pantai kurang lebih 87 Km dan hasil produksi perikanan yang melimpah . Masih sedikit masyarakat  Karangasem yang mengkonsumsi ikan per Kg Per Kapita pertahun adalah sebanyak 32 kg. Sedangkan target Nasional Konsumsi Ikan mencapai 47 Kg perkapita pertahun.  Untuk itu diperlukan berbagai upaya untuk meningkatkan konsumsi ikan masyarakat melalui kegiatan gemar makan ikan yang dilaksanakan saat ini” katanya.

Ketut Artama menyampaikan, kegiatan yang dilaksanakan dalam Gemarikan melalui pemberian makanan tambahan untuk anak sekolah (PMTAS) antara lain untuk 200 siswa siswi SDN 1 Rendang, SDN 4 Rendang,SDN 5 Rendang dan SDN 1  Menanga.*

Read other related articles

Also read other articles

© Copyright 2021 BALIKINI.NET | BERIMBANG, OBYEKTIF, BERBUDAYA | All Right Reserved