Bupati Serahkan Bantuan Sarana Dan Prasarana Perikanan Kepada Masyarakat - Bali Kini

Bali Kini

Bali Kini, Portal Berita Bali

Breaking News

Minggu, 08 September 2019

Bupati Serahkan Bantuan Sarana Dan Prasarana Perikanan Kepada Masyarakat

Jembrana,Balikini.Net  - Di Mendopo Kesari, Jalan Udayana, Lingkungan Tinyeb, Kelurahan Banjar Tengah, Kecamatan Negara, Kabupaten Jembrana, Provinasi Bali, Sabtu (7/9) telah dilaksanakan kegiatan penyerahan bantuan sarana dan prasarana perikanan kepada masyarakat Kabupaten Jembrana.

Kegiatan diawali menyanyikan lagu Indonesia Raya dan Doa, dilanjutkan Laporan Kepala Dinas Perhubungan, Kelautan Dan Perikanan, I Made Dwi Maharimbawa, M.Si pada intinya mengatakan bahwa rekomendasi visi dan misi Kabupaten Jembrana khususnya yang tertuang di dalam isi kedua yaitu mengoptimalkan pemanfaatan sumber daya ekonomi dan sumber daya alam bangunan di Kabupaten Jembrana di Bidang Kelautan dan Perikanan diarahkan untuk kesejahteraan masyarakat, penciptaan lapangan kerja dan peningkatan pertumbuhan ekonomi secara berkelanjutan serta berorientasi hasil lautan dan perikanan dengan orientasi hasil adalah meliputi budidaya adanya nilai tukar usaha perikanan dalam satu tahun, kemudian konsumsi ikan untuk masyarakat selama satu tahun, jumlah bantuan sarana prasarana pertahun serta dalam rangka memberi perlindungan dan pemberdayaan nelayan serta pembudidaya ikan dalam mendukung pengelolaan perikanan berkelanjutan termasuk pendidikan jaminan kepastian usaha kemanusiaan dan keselamatan kerja. "Tujuan penyerahan bantuan sarana prasarana perikanan tahun 2019 ini adalah guna meningkatkan jumlah sarana prasarana Kelautan dan Perikanan, mengembangkan pengendalian dan keamanan hasil usaha perikanan, mengoptimalkan pengelolaan sumber daya Kelautan dan Perikanan berkelanjutan serta meningkatkan daya saing serta pemberdayaan masyarakat. Adapun sasaran utama yang kita ingin capai dalam bentuk pembangunan Kelautan dan Perikanan adalah menciptakan kondisi yang ingin dan dapat dicapai oleh Pemerintah Kabupaten Jembrana sebagai hasil atau dampak dari program dan kegiatan sebagaimana tertuang dalam dokumen pelaksanaan anggaran Dinas Perhubungan Kelautan dan Perikanan Kabupaten Jembrana yang jadi berdasarkan Keputusan Bupati Nomor 39 BPKP 2019. Pelaku usaha perikanan dan kelautan di Kabupaten Jembrana sudah masuk dalam database untuk Dinas Perhubungan Kelautan dan Perikanan Kabupaten Jembrana tahun 2019 yang terlibat di dalam kegiatan ini yang tertuang di dalam kotak database adalah sebanyak 486 kelompok dengan jumlah anggota sebanyak 6.564 orang untuk tahun 2019 dan jumlah serta jenis bantuan sarana dan prasarana yang diserahkan pada hari ini adalah untuk usaha perikanan budidaya IPA melibatkan 50 kelompok, pakan, pembelian mesin pompa, timbangan dan selang air, di tahun ini kita juga sudah bisa berikan bantuan kepada masyarakat yang ada di daerah tengah khususnya di air payau selain itu kita coba kembangkan pada kegiatan yang ramah lingkungan dalam bentuk tumbuh ikan, sarana prasarana Kelautan dan Perikanan yang disahkan oleh pemerintah Kabupaten Jembrana pada pelaku usaha di Bidang Kelautan dan Perikanan tahun 2019 itu sebesar 3 miliar 307 juta lebih sudah tertuang di dalam BPK Dinas Perhubungan Kelautan dan Perikanan 2019", jelasnya.

Seusai laporan Ketua Panitia dilanjutkan dengan penyerahan bantuan sarana dan prasarana perikanan dan kelautan secara simbolis oleh Bupati Jembrana yang didampingi oleh Wakil Bupati dan Kepala Dinas Perhubungan, Kelautan Dan Perikanan diantaranya kepada Sutikno alamat Candikusuma, Mujahidin alamat Yeh Sumbul, Mashurrahman alamat Melaya, Abdul Karim alamat Loloan Timur, Ahmad Amsori alamat Candikusuma, I Ketut Ranta alamat Ekasari, Ni Komang Gorni alamat Prancak, Siti Rahmah alamat Pengambengan, Dainuri alamat Pengambengan, Mubassirin alamat Tegalbadeng Barat, I Putu Sumadiasa alamat Perancak, Muhamad Ihsan alamat Pebuahan dan Maryati alamat Candikusuma.

Berikut sambutan Bupati Jembrana I Putu Artha,SE.MM diawali dengan memanjatkan Puji Syukur Kehadapan Ida Sang Hyang Widhi Wasa/Tuhan Yang Maha Esa yang telah menganugrahkan semangat serta kesehatan lahir dan bathin bagi kita semua, sehingga kita masih dapat berbuat, bekerja, serta berjuang untuk melakukan yang terbaik sesuai dengan kewajiban masing-masing demi Bangsa dan Negara khususnya pengembangan Bidang Kelautan dan Perikanan, atas kuasa Beliau pula, pada hari ini kita dapat mengikuti Kegiatan Serah Terima Bantuan kepada Pelaku Usaha Perikanan yang diselenggarakan Di Gedung Mendopo Kesari, pada hari ini Sabtu tanggal 07 September 2019. "Kabupaten Jembrana memiliki potensi sumberdaya alam dan sumberdaya manusia yang sangat strategis dalam mendukung pembangunan Kelautan dan Perikanan. Pemerintah Daerah menjadikan sektor Kelautan dan Perikanan sebagai unggulan dan andalan, serta telah dituangkan dalam Program Semesta Berencana. Pengembangan sektor Kelautan dan Perikanan lima tahun kedepan selaras dengan Visi dan Misi Pemerintah Kabupaten Jembrana tahun 2016-2021, seperti Program Pengembangan Perikanan Tangkap, Program Pengembangan Perikanan Budidaya, Pengolahan dan Pemasaran Hasil Perikanan, dan Pelaku Usaha Perikanan dengan Asmansi Nelayan dan Asuransi Pembudidaya Ikan (APIK). Pengembangan Sektor Kelautan dan Perikanan Kab.Jembrana telah dilaksanakan secara berkesinambungan dengan harapan potensi kelautan dan perikanan di Kabupaten Jembrana benar-benar dapat tumbuh dan berkembang untuk memenuhi kebutuhan lokal, nasional, bahkan internasional. Sebagai salah satu daerah yang memiliki potensi Kelautan dan Perikanan, tentu pemberian bantuan kepada Pelaku Usaha Perikanan ini akan memberikan multiplayer effect yang sangat besar bagi pengembangan serta kemajuan usaha yang dilaksanakan baik oleh Nelayan, Pembudidaya Ikan, Pengolah dan Pemasar Hasil Perikanan yang ada di Kabupaten Jembrana, selain dapat mengembangkan sumber daya manusia Kelautan dan Perikanan Jembrana pada khususnya. Kegiatan ini merupakan pengembangan dan pemanfaatan potensi Kelautan dan Perikanan di Kabupaten Jembrana yang akan memberikan dampak ekonomi bagi masyarakat", jelas Bupati Jembrana.

Melalui penyerahan bantuan ini diharapkan dapat mendorong masyarakat Kabupaten Jembrana terutama Pelaku Usaha Perikanan, untuk senantiasa berinovasi meningkatkan kemampuan dalam menjalankan usahanya masing masing, sehingga dapat menghasilkan Pelaku Usaha yang handal, untuk pengembangan serta kemajuan pembangunan di sektor Kelautan dan Perikanan. (Suar)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Redaksi Balikini.net menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan di Balikini.net . Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca berhak melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Redaksi Balikini.net akan menilai laporan dan berhak memberi peringatan dan menutup akses terhadap pemberi komentar.

Terimakasih
www.balikini.net