-->

Rabu, 18 September 2019

Gunakan Dana Desa untuk memberantas kemiskinan

Gunakan Dana Desa untuk memberantas kemiskinan

Klungkung,BaliKini.Net - Pemkab Klungkung menggelar Kegiatan Temu Wirasa, kegiatan ini merupakan suatu kegiatan yang memiliki tujuan menyerap aspirasi langsung dari masyarakat dan dalam temu wirasa masyarakat dapat memberikan saran maupun kritikan terkait program pemerintah Kabupaten Klungkung. Pada Temu Wirasa kali ini, Pemkab Klungkung memfokuskan untuk menyerap aspirasi masyarakat di Kecamatan Dawan.

Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta memimpin kegiatan tersebut bertempat di Balai Banjar Kawan Desa Besan, Kecamatan Dawan, Kabupaten Klungkung, Rabu (18/9/2019) Pagi.

Dalam sesi Penyampaian Program Pemkab Klungkung, Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta memaparkan program kerja pada masa kepemimpinannya baik itu di bidang infrastruktur, SDM, kesehatan, pendidikan, dan beberapa program kerja yang sedang berjalan yakni Perbup KTR dan Program inovasi TOSS, dan interpreneur Masuk Desa serta beberapa Program lainnya yang sudah dilakukan dalam rangka mensejahterakan masyarakat Klungkung.

"Mari bersama-sama gotong royong untuk membangun Kabupaten Klungkung kedepan menjadi lebih baik," Ujarnya kepada masyarakat.

Terkait kemiskinan, Bupati Klungkung I Nyoman Suwirta menyarankan agar perbekel dan OPD terkait untuk melakukan inventarisir masyarakat yang masuk KK Miskin yang berada di Kabupaten Klungkung, yang mana yang bisa diberdayakan dan yang mana yang memang dibantu, dan jenis bantuan apa yang didapatkan. Hal ini bertujuan untuk memudahkan Pemkab dalam menangani KK Miskin dan Memudahkan Pemkab dalam memberikan Bantuan yang tepat guna. Bupati Suwirta menginginkan berhenti memikirkan kemiskinan, tetapi Pemkab Klungkung kedepan dapat menangani/ menyelesaikan KK Miskin permanen yang ada di kabupaten Klungkung saja.

Bupati Suwirta menyampaikan pemkab Klungkung dalam rangka mengentaskan kemiskinan, akan membuat jalan yang dibangun dipinggir bukit dengan rute Dawan Klod, Dawan Kaler, sampai Desa Besan. yang nantinya diharapkan dapat membantu  perekonomian masyarakat sekitar.

Terkait badan usaha seperti BUMDES, LPD dan lain-lainnya yang ada di Kabupaten Klungkung Bupati Suwirta meminta agar segera diaudit, dengan harapan hasil dari audit tersebut dapat membantu menuntaskan Kemiskinan di Kabupaten Klungkung.

Terkait penggunaan Dana Desa, Bupati Suwirta mengingatkan Pemerintah Desa dapat menjalin komunikasi baik dengan Pemerintah Kabupaten, agar dalam mengelola Dana Desa dapat menghasilkan output yang jelas, dan agar penggunaan Dana Desa juga dapat digunakan dalam memberantas kemiskinan di Kabupaten Klungkung.

Bupati Suwirta Menugaskan Dinas Pekerjaan Umum, Penataan Ruang, Perumahan dan Kawasan Permukiman Kabupaten Klungkung agar trotoar di Sepanjang Jalan Desa Besan sampai Dawan Klod Diperbaiki, dengan catatan ukuran jalan jangan sampai menjadi kecil ketika memperbaiki Trotoar.

Dalam Sesi Tanya Jawab dengan Masyarakat, terdapat beberapa Penanya, diantaranya Jro Mangku Reni Dari Besan Kawan, menanyakan mengenai kepastian dari waktu pengerjaan jalan melingkar yang melintasi Dawan Klod, Dawan Kaler sampai Besan, karena jalan tersebut dinilai akan dapat menjadi jalan alternatif dan dapat membantu perekonomian masyakarakat di Desa Besan,
kedua, Wayan Dika,Besan kangin, Menanyakan mengenai tindak lanjut terkait sumur bor yang gagal membantu masyarakat, Ketiga, Nengah Supastawa, Pokdarwis Besan menyampaikan permasalahan Terkait rencana pendirian Bumi Perkemahan dan pemasangan Penerangan jalan di jalur Bukit Abah,
keempat, Ketut Murthi, Banjar Sente menanyakan mengenai dipinggir Jalan  Dukuh agar dibuatkan pengaman jalan. Kelima, Wayan Mardika Kelian Subak Gunaksa sekalligus Klian Subak Gede Kecamatan Dawan meminta agar bisa menugaskan instansi terkait untuk memangkas Pohon-pohon yang mengganggu saluran irigasi di Subak Gunaksa dan agar dicarikan solusi untuk pengairan sawah yang berada di dusun Karangdadi.  

Bupati Suwirta dalam menjawab hal tersebut menyampaikan pertama, Terkait jalan lingkar, Jika pembebeasan tanah sudah selesai maka tahun 2020 akan dilakukan pembukaan badan jalan yang dilaksanakan oleh Dinas Pekerjaan Umum, Penataan Ruang, Perumahan dan Kawasan Permukiman Kabupaten Klungkung, jika bisa agar tanah yang akan digunakan sduah bersertifikat dan sesuai fungsinya, karena selain bisa membantu pendistribusian hasil pertanian masyarakat, disepanjang jalan tersebut juga bisa dipakai untuk membuat akomodasi pariwisata. Kedua, Terkait sumur bor (sumur dalam), pemkab Akan mengajukan Permohonan Ke Kementerian ESDM untuk pengadaan Sumur Bor dengan memprioritaskan untuk di Desa Besan dan Di Desa Pikat.  

Ketiga, terkait penerangan jalan Bupati Suwirta menugaskan agar dinas Perhubungan segera memasang Penerangan Jalan berkoordinasi perbekel Desa Besan, terkait Bumi Perkemahan Bupati Suwirta menugaskan Dinas Pariwisata dan Baperlitbang kabupaten Klungkung agar perencanaan dibuat pada tahun 2020. Keempat, Terkait Jalan di Dukuh, Bupati Suwirta menugaskan dinas terkait untuk mencarikan solusi mengenai kemiringan jalan dan pengadaan pembatas jalan untuk menghindari kecelakaan dikemudian hari.  

Kelima, Terkait Pohon perindang yang mengganggu saluran irigasi, Bupati Suwirta menugaskan DLHP Dan BPBD Kabupaten Klungkung untuk menindaklanjuti hal tersebut. Dan terkait irigasi di Karangdadi, Bupati Suwirta menugaskan Dinas terkait untuk segera membuat perencanaan mengenai irigasi, pengerukan dan hal lainnya yang diperlukan agar dapat membuka lahan tidur.

Acara tersebut juga dihadiri Sekretaris Daerah kabupaten Klungkung I Gede Putu Winastra, Asisten Bidang Perekonomian dan Pemerintahan Kabupaten Klungkung Luh Ketut Ari Citrawati, Camat Dawan AA Putra Wedana, seluruh jajaran Organisasi Perangkat Daerah (OPD), Perbekel dan Jro Bendesa se-Kecamatan Dawan, tokoh masyarakat dan masyarakat setempat serta Undangan terkait lainnya. (Cok/r5).

Read other related articles

Also read other articles

© Copyright 2021 BALIKINI.NET | BERIMBANG, OBYEKTIF, BERBUDAYA | All Right Reserved