Bupati Mas Sumatri Dukung Penuh Gerakan Semesta Berencana Bali Resik Sampah Plastik - Bali Kini

Bali Kini

Bali Kini, Portal Berita Bali

Breaking News

Jumat, 18 Oktober 2019

Bupati Mas Sumatri Dukung Penuh Gerakan Semesta Berencana Bali Resik Sampah Plastik

Karangasem ,BaliKini.Net - Bupati Mas Sumatri menghadiri acara Gerakan Bali Resik Sampah Plastik yang dilaksanakan secara serentak dan dipusatkan di Kecamatan Selat, dengan menyasar pasar-pasar tradisional Jumat, (18/10).

Kepala Dinas Lingkungan Hidup Gede Yudiantara
Sebagai Ketua Panitia mengemukakan kegiatan tersebut sudah dilaksanakan di 8 Kecamatan, di Kabupaten Karangasem dan untuk Kecamatan Selat di laksanakan di 3 titik diantaranya di Pasar Muncan, Pasar Selat dan Pasar Pesangkan, dan juga dilaksanakan serentak di Pasar Amlapura Timur dan Pasar Amlapura Barat, yang melibatkan berbagai komponen masyarakat mulai dari Organisasi Perangkat Daerah (OPD), TNI/POLRI, instansi vertikal, PKK, swasta, sekolah, dan komunitas lingkungan.

"Kegiatan gagasan Gubernur Bali Wayan Koster yang bertujuan untuk memelihara serta melestarikan alam Bali ini didukung penuh oleh Bupati Karangasem, agar alam selalu bersih dan hijau,dimana sampah plastik yang terkumpul hari ini sebanyak 510kg,dengan rincian 450kg yang didapatkan di Pasar Selat,Pasar Muncan dan Pesangkan sedangkan Pasar Amlapura Timur dan Barat sebanyak 60kg  ,"Ungkap Yudiantara.

Bupati Mas Sumatri dalam sambutannya menyampaikan Kebijakan Pengelolaan Sampah yang selama ini mengandalkan keberadaaan TPA, perlu dirubah dengan pandangan dan memperlakukan sampah sebagai sumber daya alternatif yang sejauh mungkin dimanfaatkan kembali, baik secara langsung, proses daur ulang, maupun proses lainnya.

Dirinya juga mengajak masayarakat untuk mulai membedakan sampah agar dapat didaur ulang, "Mari mulai bersama-sama memilah sampah di sumber yang dimulai dari rumah tangga masing masing, dan bedakan yang organik, anorganik dan residu, karena dengan demikian lingkungan yang ada tetap dapat dijaga keasriannya dan memberikan dampak positif terhadap kesehatan masyarakat itu sendiri,"Ajak Mas Sumatri.

Bupati Mas Sumatri juga menegaskan disamping Pemerintah, peran masyarakat sangat perlu digugah akan kepedulian terhadap lingkungannya. Hal ini sangat perlu dilaksanakan sehubungan dengan masih terjadinya degradasi lahan yang terjadi setiap tahun, baik akibat ulah manusia maupun karena faktor alam. Terjadinya urbanisasi sampah dari desa ke kota, tertutupnya tanah oleh sampah-sampah plastik sehingga perlu mengambil langkah-langkah penyelamatan lingkungan dari kerusakan yang dapat menghambat laju proses pembangunan dan bahkan cenderung menimbulkan bencana.

"Sebagai komitmen saya, tentu kegiatan kegiatan seperti ini akan terus saya dorong untuk terus dilakukan, karena dengan gerakan ini akan dapat meningkatkan upaya Pemerintah Kabupaten Karangasem dalam menjaga dan melestarikan lingkungan yang terbebas dari sampah, utamanya sampah plastik menuju Karangasem yang bersih, cerdas dan bermartabat berlandaskan Tri Hita Karana. Untuk itu, Mari sayangi bumi, bersihkan dari sampah plastik",Ungkapnya.

Dalam kesempatan tersebut Bupati Mas Sumatri juga menyampaikan Terimakasih dan penghargaan yang tinggi kepada para aktivis, komunitas dan masyarakat yang telah secara nyata ikut peduli terhadap sampah di Kabupaten Karangasem, dan tentu hal ini sangat baik. Seluruh peserta yang hadir dalam kegiatan Gerakan Semesta Berencana Sampah Plasik dan ini melibatkan Perangkat Daerah Kabupaten Karangasem dan seluruh masyarakat. 

"Saya juga menyampaikan ucapan terimakasih dan penghargaan yang tinggi, karena gerakan ini
Akan dapat menginspirasi siapa saja dan  menggambarkan betapa pedulinya kita terhadap sampah utamanya sampah plastik,"Ucapnya.[krs/r5]

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Redaksi Balikini.net menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan di Balikini.net . Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Pembaca berhak melaporkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA. Redaksi Balikini.net akan menilai laporan dan berhak memberi peringatan dan menutup akses terhadap pemberi komentar.

Terimakasih
www.balikini.net