-->

Jumat, 18 Oktober 2019

Pemkab Tabanan Gelar sradha Bhakti Penganyar di Pura Tuluk Biu dan Ulundanu Batur

Pemkab Tabanan Gelar sradha Bhakti Penganyar di Pura Tuluk  Biu dan Ulundanu Batur

Tabanan ,BaliKini.Net  - Pemkab Tabanan, melaksanakan Sradha bhakti Penganyar di Pura Tuluk Biu Batur, dan Ulundanu Songan Kintamani, Bangli, Kamis, (17/10). Upacara nganyarin dilaksanakan terkait dengan upacara  piodalan  yang digelar secara rutin setiap Purnamaning kapat  setiap tahunnya dipura setempat.

Pada kesempatan itu rombongan Bhakti Penganyar Pemkab Tabanan dipimpin Sekretaris Kabupaten Tabanan, I Gede Susila dan dipuput oleh Ida Pedanda Gria Pesaji, Tabanan. Upacara bhakti penganyarin saat itu diisi dengan pagelaran  wayang lemah dan topeng sida karya.

Mengawali kegiatan, Sekda I Gede Susila mengatakan Sradha Bakthi Penganyar ini merupakan wujud bakti dan penghormatan jajaran Pemkab Tabanan terhadap Ida Batara yang berstana di Pura Ulun Danu Batur, sekaligus memohon keselamatan, serta kesejahteraan alam semesta.

”Kita bersama-sama memohon kehadapan Ida Sang Hyang Widhi Wasa agar Beliau menganugrahkan keselamatan dan kesejahteraan bagi umat semuanya. Dengan terlaksananya yadnya ini, semoga alam semesta ini dijauhkan dari mara bahaya sehingga kita bisa bekerja dengan lebih baik, sehingga masyarakat lebih sajahtera," terangnya.

Disamping itu, hal ini juga merupakan suatu usaha untuk meningkatkan nilai spiritual pribadi masing-masing, sehingga mampu menjalankan tugas dan mengemban amanah masyarakat dengan pikiran yang jernih, sehingga tujuan mensejahterakan masyarakat bisa terwujud, imbuh Susila.

Usai Pemangku setempat mempersembahkan bebantenan (sesaji persembahyangan) terkait dengan prosesi bhakti penganyar, pemedek (rombongan bhakti penganyar Pemkab Tabanan dipimpin Ida pedanda melakukan sembahyang Tri Sandya, dilanjutkan dengan  ngaturan bhakti panca sembah di Pura setempat.

Pada akhir kegiatan penganyaran, Sekkab Tabanan I Gede Susila ngaturang punia yang diterima panitia piodalan.*


Read other related articles

Also read other articles

© Copyright 2021 BALIKINI.NET | BERIMBANG, OBYEKTIF, BERBUDAYA | All Right Reserved