-->

Iklan

Menu Bawah

Wabup Artha Dipa Pimpin Apel Hari Kesaktian Pancasila 2019

BaliKini.Net
Selasa, 01 Oktober 2019, 20.27 WIB Last Updated 2019-10-01T13:27:54Z
Karangasem BaliKini.Net - Wakil Bupati Karangasem I Wayan Artha Dipa memimpin langsung pelaksanaan upacara Peringatan Hari Kesaktian Pancasila Tahun 2019. Apel diikuti oleh seluruh pegawai ASN dan Non ASN di lingkungan Pemkab Karangasem, di Lapangan Tanah Aron, Selasa (1/10/2019).

Wakil Bupati usai apel menyampaikan,salah satu fenomena dalam era globalisasi adalah terjadinya lintas batas nilai-nilai antar komunitas atau kelompok-kelompok masyarakat yang lebih kecil yakni radikalisme. Faham ini karakternya adalah selalu merasa yang paling benar sendiri dan mengabaikan hak-hak dasar orang lain. Hal ini sangat bertentangan dengan Pancasila yang sangat menghormati dan menghargai kebhinekaan. 

“Oleh karena itu, kita harus bersyukur dan terus memperkuat Pancasila yang telah menunjukan kita hidup berdampingan secara damai, harmonis dan penuh toleransi dengan siapa saja yang berbeda latar belakang agama, suku, ras, adat istiadat dalam bingkai Negara Kesatuan Republik Indonesia, sekaligus kita harus mengikis benih dan tumbuhnya nilai-faham radikalisme dan sejenisnya” ujarnya.

Diketahui bersama, seluruh lapisan masyarakat pasti ingin membangun bangsa yang berperadaban unggul, yakni bangsa yang mampu menunjukan karakter dan jati dirinya, tanpa harus kehilangan kesempatan dan kemampuan berinteraksi dengan bangsa-bangsa lain, sekaligus mampu mengaktualisasikan makna yang dikandungnya sesuai dengan perkembangan zaman. Dengan demikian, Pancasila menjadi sistem nilai yang hidup. “Untuk itu, kita harus menumbuhkembangkan nilai-nilai Pancasila kepada semua generasi, terutama para generasi penerus bangsa Indonesia yang kita cintai ini” tandasnya

Namun demikian menurut Wabup, dalam konteks ini, pendidikan merupakan sistem yang bisa melakukanya secara efektif, karena melalui sistem pendidikan, penggalian, penanaman, pengembangan dan pengamalan nilai pancasila dapat dilakukan sistematik, dan pada tahun 2019, seiring dengan implementasi Muatan Lokal kurikulum 2013 sesuai perbup nomor 36, Pemerintah Kabupaten Karangasem telah melakukan penguatan mata pelajaran muatan lokal ke arah penguatan pendidikan Pancasila dan Kewarganegaran dan mata pelajaran lainya, baik substansi maupun metodologi pembelajarannya, agar dapat dihasilkan warga negara yang semakin cinta dan banga terhadap kebudayaan daerahnya termasuk bangsa dan negaranya, sekaligus menjadi warga negara yang efektif dan bertanggungjawab” imbuhnya.[*/R5]
Komentar

Tampilkan

BERITA TERBARU

Kabar Internasional

+