-->

Senin, 18 November 2019

Kota Denpasar Siap Gelar HARKANNAS Tahun 2019

Kota Denpasar Siap Gelar HARKANNAS Tahun 2019

Sajikan Beragam Kegiatan, Dari Makan Ikan Hingga Berdongeng

Denpasar,BaliKini.Net - Peringatan Hari Ikan Nasional (HARKANNAS) Tahun 2019 secara serentak dilaksanakan di seluruh Indonesia pada tanggal 21 Nopember 2019 mendatang dengan mengambil tema “Cegah Stunting”. Di Kota Denpasar sendiri akan dilaksanakan peringatan bersama Satuan Pendidikan Non Formal Sangar Kegiatan Belajar (SPNF SKB) Dinas Pendidikan Kepemudaan dan Olahraga Kota Denpasar .

Dalam peringatan tersebut Ketua Forum Peningkatan Konsumsi Ikan Kota Denpasar Ny. Selly Dharmawijaya akan membacakan dongeng gemar makan ikan kepada seluruh anak-anak paud di Kota Denpasar. Hal ini disampaikan Seketaris Dinas Perikanan dan Ketahanan Pangan Kota Denpasar Drh.I Gusti Ayu Raini  usai audensi dengan Ketua Forum Peningkatan Konsumsi Ikan Kota Denpasar Ny. Selly Dharmawijaya di kediamannya Senin (18/11).

Lebih lanjut ia mengatakan, dalam peringatan HARKANNAS Pemkot Denpasar bersama HIMPAUDI kota Denpasar akan menggelar berbagai kegiatan diantaranya adalah makan ikan bersama, berdongeng, pemberian pemahaman tentang manfaat ikan dan cara memilih ikan yang bagus dan kepada para orang tua. Tidak hanya itu Raini mengatakan, pada saat itu pihaknya akan menghias tempat acara dengan pernak pernik ikan. “Dengan demikian anak-anak akan semakin senang untuk mengkonsumsi ikan,’’ ujarnya.

Pemahaman kepada anak maupun kepada orang tua penting diberikan karena  pemberian ikan harus diberikan pada 1000 hari kehidupan. Artinya mengkonsumsi ikan harus diberikan mulai dari dalam kandungan. Sehingga ibu hamil, menyusui maupun anak wajib untuk konsumsi ikan untuk mencegah stunting .

Menurutnya yang paling mudah mengajarkan anak makan ikan adalah saat mereka belum bisa memilih makanan, “Saat itu  kita mengajarkan cita rasanya ikan  maka anak akan terbiasa makan ikan,’’ ujarnya.

Ia menambahkan Kementerian Kelautan dan Perikanan RI, Pemerintah Kota Denpasar bersama Himpunan Pendidikan dan Tenaga Kependidikan Anak Usia Dini Indonesia (HIMPAUDI) juga telah memberikan imbuhan agar  HARKANNAS dijadikan momentum untuk mengajak seluruh masyarakat untuk mengkonsumsi ikan. Sehingga peringatan HARKANNAS tahun ini di kota Denpasar akan lebih meriah.

Ketua Forum Peningkatan Konsumsi Ikan Kota Denpasar Ny. Selly Dharmawijaya menyambut baik imbauan pemerintah pusat, karena Pemkot Denpasar secara rutin telah mensosialisasi gemar makan ikan kepada masyarakat di Kota Denpasar.

Dengan adanya himbauan  dari Kementerian Kelautan dan Perikanan RI bersama HIMPAUDI membuatnya lebih semangat dan gencar melaksanakan Gebyar Makan Ikan. ”Kami sangat menyambut baik imbauan dari pusat sehingga kami bisa menyasar masyarakat untuk mengkonsumsi ikan dari sejak dini ,” ungkap Ny. Selly .

Lebih lanjut Ny. Selly mengatakan dengan adanya gerakan ajak makan ikan maka pengetahuan masyarakat akan semakin luas mengingat manfaat ikan sangat banyak untuk kesehatan dan kaya akan protein. Selain itu mengkonsumsi ikan dapat mencegah terjadinya  Stunting pada anak.

Ketua HIMPAUDI Kota Denpasar AL Ismurtono Santoso  mengatakan kegiatan HARKANNAS di Kota Denpasar telah terkoordinasi dengan OPD terkait dan di dukung penuh oleh Bunda Paud sekaligus  Ketua Forum Peningkatan Konsumsi Ikan Kota Denpasar. Sedangkan untuk mengajak anak untuk gemar makan ikan sudah didengungkan di Kota Denpasar dari dua tahun lalu. “Ini artinya Kota Denpasar lebih awal menerapkan dari pada Kementerian,’’ ungkapnya.

Berkomitmen meningkatkan kesehatan masyarakat Pemerintah Kota Denpasar juga memberikan makan tambahan kepada balita maupun ibu hamil. Oleh karena itu kegiatan seperti ini harus dipertahankan dan ditiru untuk daerah lainnya.*

Read other related articles

Also read other articles

© Copyright 2021 BALIKINI.NET | BERIMBANG, OBYEKTIF, BERBUDAYA | All Right Reserved