-->

Sabtu, 22 Februari 2020

Prajurit yang Telah Disumpah Harus Paham Tupok TNI AD.

Prajurit yang Telah Disumpah Harus Paham Tupok TNI AD.

Tabanan,BaliKini.Net  - Sikap dan perilaku seorang yang telah bersumpah sebagai seorang Prajurit dituntut harus mengerti dan memahami tentang tugas pokok TNI Angkatan Darat yang senantiasa memegang teguh Sapta Marga, Sumpah Prajurit dan Delapan Wajib TNI.

Demikian disampaikan Pangdam IX/Udayana Mayjen TNI Benny Susianto, S.I.P., saat Upacara Penutupan Pendidikan Pertama Bintara TNI AD TA 2019 yang berjumlah 338 Prajurit TNI Angkatan Darat aktif dengan pangkat Sersan Dua, pada Sabtu (22/02/2020) di Lap. Wira Yudha Bhakti Rindam IX/Udayana, Tabanan.

Satu tahapan pendidikan telah dilewati dengan baik, sekalipun masih harus mengikuti pendidikan kecabangan, sebagai seorang Bintara harus sudah siap mengemban tugas-tugas negara serta harus siap dan sigap dalam menghadapi berbagai tantangan penugasan seberat apapun. 

Selanjutnya, kalian akan segera mengikuti pendidikan sesuai kecabangan masing-masing. Oleh karena itu, tetap siapkan fisik dan mental kalian dalam rangka menghadapi pendidikan kecabangan nanti, jelas Pangdam.

Keberhasilan dalam menyelesaikan pendidikan pertama di Rindam IX/Udayana ini telah mengantarkan kalian menjadi seorang Bintara remaja. “Jadikan kehormatan dan kebanggaan yang kalian raih dan miliki pada hari ini sebagai sumber motivasi dan semangat untuk berbuat yang terbaik dalam rangka mengikuti pendidikan selanjutnya”, tegas Pangdam.

Usai upacara penutupan dan pengambilan Sumpah Prajurit dilanjutkan dengan acara tambahan berupa demonstrasi bongkar pasang senjata, simulasi serangan, simulasi Halang Rintang (HR), Bela Diri Militer, Tari Jai dan yel-yel yang diperagakan oleh para Prajurit Bintara yang baru dilantik.

Disela-sela acara Kapendam IX/Udayana Kolonel Kav Jonny Harianto G, S.I.P., menyampaikan bahwa para Prajurit yang ikut dalam Upacara Pendidikan Pertama Bintara TNI AD ini telah mengikuti proses pendidikan selama 5 bulan yaitu pada 3 bulan pertama melaksanakan pendidikan tahap dasar prajurit dan 2 bulan selanjutnya melaksanakan pendidikan tahap dasar golongan Bintara.

Hasil akhir dari proses belajar mengajar tersebut diperoleh nilai tertinggi pada aspek Tri Pola Dasar (Sikap dan Perilaku, Pengetahuan dan Ketrampilan, dan Jasmani Militer), diantaranya Serda I Kadek Rinda Arika meraih nilai tertinggi pada aspek sikap dan perilaku, selanjutnya Serda I Gede Junawan Haris S mendapatkan nilai tertinggi pada aspek pengetahuan dan ketrampilan, serta aspek jasmani, sehingga dari akumulasi ke 3 aspek (Tri Pola Dasar) tersebut diraih oleh  Serda I Gede Junawan Haris S, jelas Kapendam.   

Hadir pada upacara tersebut diantaranya Kasdam IX/Udy, Irdam IX/Udy, Kapok Sahli dan para Sahli Pangdam IX/Udy, Danrindam IX/Udy, Asrendam IX/Udy, para Asisten Kasdam IX/Udy, para Dan/Kabalakdam IX/Udy, LO AL, LO AU, Ketua Pengadilan Negeri Kab. Tabanan, Sekda Kab. Tabanan, Ketua Persit KCK PD IX/Udy beserta pengurus, Ketua Persit KCK Cabang X Rindam PD IX/Udy beserta pengurus dan undangan lainnya serta Ketua MK RI, Dr. Anwar Usman, S.H., M.H., juga turut hadir dalam undangan orang tua/keluarga para Prajurit Bintara yang baru dilantik. (*)

Read other related articles

Also read other articles

© Copyright 2021 BALIKINI.NET | BERIMBANG, OBYEKTIF, BERBUDAYA | All Right Reserved