-->

Senin, 06 April 2020

Dampak Covid 19, Dinsos Denpasar Jemput Bola Serahkan Bantuan Sembako Bagi Masyarakat Kurang Mampu

Dampak Covid 19, Dinsos Denpasar Jemput Bola Serahkan Bantuan Sembako Bagi Masyarakat Kurang Mampu

Denpasar,BaliKini.Net - Dampak ekonomi akibat merebaknya virus corona mulai dirasakan oleh masyarakat. Tak terkecuali di Kota Denpasar. Melihat kondisi ini Pemkot Denpasar langsung bergerak cepat  memberikan bantuan paket sembako kepada warganya yang terdampak akibat covid 19 ini. Pemberian paket sembako ini diutamakan bagi keluarga yang kurang mampu, kaum disabilitas, para lansia dan penyandang masalah kesejahteraan sosial lainya. Penyaluran bantuan sembako ini  dilaksanakan karena menyangkut kebutuhan pokok warga, namun demikian dilaksanakan dengan jalan jemput bola pada Senin (6/4).

Kepala Dinas Sosial Kota Denpasar, Made Mertajaya mengatakan, dalam pembagian sembako ini tetap dilaksanakan dengan memperhatikan dan mengikuti rambu-rambu antisipasi serta protokol kesehatan cegah virus Corona atau Covid-19.

Bantuan ini merupakan program transformasi dari program raskin-rastra Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT).

"Tahun ini bernama Program Sembako dengan perluasan jenis komoditi yang mengandung sumber karbohidrat seperti beras, jagung, sagu, sumber protein hewani seperti telur, daging ayam, ikan, sumber protein nabati seperti tahu, tempe, kacang-kacangan dan sumber vitamin mineral seperti sayur-sayuran dan buah-buahan," kata Mertajaya.

Ia mengatakan, biasanya Keluarga Penerima Manfaat (KPM) atau keluarga kurang mampu mendapat bantuan sembako setiap bulan (non tunai) sebesar Rp 150.000 yang bisa ditukarkan di agen serta di e-Warong yang ditunjuk dan telah memiliki kerjasama dengan Kementerian Sosial, pemerintah kota,  Dinas Sosial dan Bank Penyalur. Adapun total penerima Program Sembako di Kota Denpasar sebanyak 3.058 KPM.

Namun, untuk antisipasi dampak Covid-19, tahun ini nilai bantuannya ditambahkan menjadi Rp 200.000. Besaran ini berlaku sementara dari Bulan Maret hingga Agustus 2020.

"Dalam langkah percepatan penyaluran ditengah merebaknya virus Corona, Dinas Sosial mempercepat penyaluran dengan cara jemput bola disamping kerjasama dengan e-warong yang ada," katanya.

Selain itu, Dinas Sosial Kota Denpasar bersama Koordinator Tenaga Kesejahteraan Sosial (TKS), Tenaga Kesejahteraan Sosial Kecamatan (TKSK), pendamping PKH dan Bank Tabungan Negara sekaligus melaksanakan sosialisasi cegah virus Corona terhadap masyarakat dengan membagikan selebaran upaya pencegahan. Petugas juga telah menyiapkan sabun cuci tangan, hand sanitizer dan cairan disinfektan. Paket bantuan sembako tersebut isinya antara lain 5 kg beras, gula, minyak goreng, mie instan, sarden, masker kain, sabun mandi, sabun cuci tangan, vitamin A dan C.

Salah satu penerima bantuan sembako, I Komang Arya Kusuma berterimakasih kepada Pemkot Denpasar yang telah memberikan bantuan sembako. Tentunya bantuan ini sangat bermanfaat ditengah wabah virus corona ini.

“Terimakasih kepada Pemkot Denpasar serta Dinas Sosial yang telah memberikan bantuan sembako, tentunya bantuan ini sangat bermanfaat,” jelasnya. (Ags/R4)

Read other related articles

Also read other articles

© Copyright 2021 BALIKINI.NET | BERIMBANG, OBYEKTIF, BERBUDAYA | All Right Reserved