-->

Rabu, 08 April 2020

SUDAH RAPID TEST , 48 ORANG YANG KONTAK PASIEN POSITIF COVID-19 JEMBRANA HASILNYA NEGATIF

SUDAH RAPID TEST , 48 ORANG YANG KONTAK PASIEN POSITIF COVID-19 JEMBRANA HASILNYA NEGATIF

Jembrana,BaliKini.Net - Sebanyak 48 orang yang sempat kontak dengan pasien positif Covid-19 di Jembrana sudah melaksanakan rapid test. Hasilnya seluruhnya dinyatakan negatif covid-19. 

Humas Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Jembrana , dr I Gusti Agung Putu Arisantha mengatakan , hasil tes cepat yang pertama  itu negatif seluruhnya . Test cepat ( rapid tes) ditujukan kepada mereka yang melakukan kontak erat dengan keempat pasien positif covid-19 Jembrana . Pelaksanaan rapid test tidak hanya dilangsungkan di RSU Negara, tapi juga di Puskesmas Gilimanuk, Puskesmas I Negara serta Puskesmas Pekutatan I .

Namun , sesuai protap seluruhnya diwajibkan  kembali menjalani rapid test  setelah sepuluh hari kedepan . " 10 hari setelah rapid tes pertama akan dilanjutkan dengan rapid tes kedua. Jika hasil tes rapid yang kedua itu ada positif , akan dilanjutkan dengan pemeriksaan PCR di RSUP Sanglah. Hasil PCR inilah yang menentukan status pasien itu apakah positif atau negatif terinfeksi corona virus, “ papar Arisantha, rabu ( 8/4). Saat ini, Ia tetap menghimbau mereka yang sempat kontak itu untuk melakukan isolasi mandiri dirumah selama 14 hari dengan benar. 

Sementara untuk pergerakan Orang Dalam Pemantauan (ODP)  di Jembrana hari ini kembali bertambah. Secara kumulatif jumlah ODP Jembrana , sampai rabu ( 8/4) pukul 14.00 wita sebanyak 108 orang. Jumlah itu  bertambah enam orang dari sebelumnya. Sedangkan PDP 8 orang , 3 orang diantaranya selesai pengawasan. Untuk kasus positif coronavirus di Jembrana tercatat  4 orang. 

Pihak gugus menurutnya terus mengadakan pendataan bagi warga Jembrana yang baru datang dari luar negeri maupun wilayah terjangkit Covid-19 di Indonesia. “ Namun yang terpenting saya imbau kepada warga Jembrana untuk disiplin diri. Diantaranya rajin cuci tangan pake sabun dengan air mengalir, gunakan masker dan terapkan physical distancing , “pungkas Arisantha.  (Abhi/R1)

Read other related articles

Also read other articles

© Copyright 2021 BALIKINI.NET | BERIMBANG, OBYEKTIF, BERBUDAYA | All Right Reserved