-->

Kamis, 28 Mei 2020

Kelola Stress Pasca Covid-19, Ny. Selly Ajak Lakukan Kegiatan Positif

Kelola Stress Pasca Covid-19, Ny. Selly Ajak Lakukan Kegiatan Positif

Denpasar,BaliKini.Net - Virus corona Covid-19 telah menjadi pandemi global yang menjangkit ribuan orang di dunia termasuk di Indonesia salah satunya di Kota Denpasar. Disamping itu masyarakat mudah mendapatkan informasi dari berbagai media terkait perkembangan Covid-19. Kondisi ini sering menimbulkan kepanikan dan stress terlebih lagi aktivitas masyarakat di masa pandemi ini sangat terbatas.  Untuk mengelola stress Ketua Tim Penggerak PKK Kota Denpasar Ny. IA Selly D. Mantra mengajak masyarakat melakukan berbagai kegiatan positif.

“Kami telah sampaikan saat melakukan interaktif online dalam acara kiat mengelola stress berkegiatan di rumah di masa pandemi,” ujar Ny. Selly D. Mantra, Kamis (28/5) di Denpasar. Dalam mengelola stress mengharapkan agar masyarakat memiliki pengetahuan yang cukup tentang Covid-19. Sehingga masyarakat tidak mudah terpengaruh oleh informasi yang membuat semakin cemas. Pemerintah Kota Denpasar sendiri terus gencar memberikan informasi tentang Covid-19. Sehingga diharapkan masyarakat lebih tenang dalam dimasa pandemi ini. Perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS) harus dibiasakan dalam kegiatan sehari-sehari, termasuk juga menjaga jarak yang cukup serta membiasakan memakai masker. Ini protocol kesehahatan di masa pandemi Covid-19.

Disamping itu menurut Ny. Selly untuk mengelola stress saat pandemi covid-19 masyakat diharapkan juga melakukan kegiatan positif seperti berkebun  dengan memanfaatkan lahan yang ada di rumah. Pemerintah Kota Denpasar sendiri melalui Dinas Pertanian melalui program ketahanan pangan keluarga telah memberikan bibit horti secara geratis. “Kita berharap melalui program ketahanan pangan keluarga yang dilaksanakan Pemerintah Kota Denpasar dapat membantu masyarakat mencukupi kebutuhan sayur mayur sehari-hari,” ujarnya.

Dalam kesempatan tersebut Ny. Selly kembali mengingatkan untuk peduli terhadap lingkungan sekita melalui dengan Cek Tetangga Sebelah (CTS). Ini akan sangat membantu penyebaran covid-19. Mengingat penyebaran Covid 19 sangat memberikan pengaruh luar biasa secara kesehatan, sosial dan ekonomi, untuk itu diharapkan masyarakat tidak hanya menjaga kesehatan fisik tetapi juga kesehatan mental.  Untuk menjaga kesehatan mental akibat pandemik covid-19, Ketua TP PKK Kota Denpasar bekerjasama dengan Komunitas Teman Baik, HIMPSI BALI, Mobil Konseling Ceria, PUSPAGA dan UPTD PPA dapat memberikan konseling secara online maupun offline tentunya tetap mengacu pada protokol kesehatan. Satgas Ini juga bisa mengakses 119 layanan psikologi untuk sehat jiwa (SEJIWA) bagi perempuan dan anak. “Kami PKK Kota Denpasar telah bekerjasama dengan berbagai pihak untuk membantu pelaksanaan PKM di Kota Denpasar. Hal ini agar pelaksanaan PKM dapat sesuai dengan harapan,” ujarnya.

Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Kota Denpasar (DP3AP2KB) Kota Denpasar I Gusti Agung Laksmi Dharmayanti menyampaikan di masa pandemi Covid-19 perilaku hidup berhasih harus tetap dilakukan setiap hari. Sehingga dapat mencegah terpaparnya dari Covid-19 terutama terhadap orang yang rentan seperti anak-anak, lansia, perempuan dan disablilitas.

Salah seorang naras umber dr.Anak Ayu Sri Wahyuni menyampaikan  untuk menjaga kesehatan mental masa Covid-19 masyarkaat di harapkan melakukan aktivitas fisik, menkonsumsi makanan bergizi, menghentikan kebiasaan buruk, memilah informasi, membuat rutinitas dan menjaga komunikasi dengan keluarga dan sahabat. (Gst/R4)

Read other related articles

Also read other articles

© Copyright 2021 BALIKINI.NET | BERIMBANG, OBYEKTIF, BERBUDAYA | All Right Reserved