-->

Jumat, 29 Mei 2020

Sinergi PKK Denpasar dengan Dinas Pertanian: Bagikan Bibit Hortikultura Gratis di Empat Kecamatan

Sinergi PKK Denpasar dengan Dinas Pertanian: Bagikan Bibit Hortikultura Gratis di Empat Kecamatan

Denpasar,BaliKini.Net - PKK Denpasar bersama Dinas Pertanian Kota Denpasar secara simbolis membagikan bibit hortikultura secara gratis kepada pengurus PKK Kecamatan. Dari program ini nantinya akan diteruskan kepada PKK desa/kelurahan membagi disetiap lingkungan yang ada. Hal tersebut terungkap pada penyerahan bibit terong, cabe, dan tomat oleh Kepala Dinas Pertanian Denpasar, I Gede Ambara Putra kepada Ketua TP PKK Denpasar, Ny. I.A Selly Dharmawijaya Mantra beserta empat orang Ketua TP PKK Kecamatan, Jumat (29/5) di Denpasar.

Dalam kesempatan tersebut Ketua Tim Penggerak PKK Denpasar Ny. IA. Selly Mantra mengatakan bahwa langkah sinergitas bersama Dinas Pertanian Kota Denpasar ini nantinya dapat memberikan manfaat kepada masyarakat terlebih dalam masa pandemi covid-19 ini. Bibit tanaman holtikultura yang diserahkan kali ini secara simbolis nantinya akan diserahkan kepada PKK ditingkat desa/kelurahan unuk selanjutnya kepada warga lingkungan setempat untuk memanfaatkan pekarangan sebagai media tanam. “Jenis bibit terong, cabe dan tomat kita akan distribusikan secara gratis bersama Dinas Pertanian Denpasar kepada PKK Kecamatan dan dapat diteruskan ke tingkat PKK desa/kelurahan yang ada sehingga mereka bisa teteap produktif melalui kegiatan bertani di rumah masing-masing,” ujarnya.

Lebih lanjut Ny. Selly juga menjelaskan bahwa PKK Denpasar terus memberdayakan masyarakat aktif memanfaatkan pekarangan rumah untuk memenuhi kebutuhan hidup dan menambah pendapatan. Program ini sebelumnya telah berjalan berkaitan dengan prigram HATINYA PKK yakni  Halaman Asri Teratur Indah dan Nyaman di tingkat Desa dan Kelurahan. Program ini telah berjalan dengan baik tidak terlepas dari adanya gotong royong seluruh keluarga dengan mengoptimalkan tanaman pangan yang produktif yang nantinya dapat bernilai ekonomi tinggi serta dapat juga digunakan sebagai tabungan.  "Mengoptimalkan kembali program ini pada masa pandemi saat ini diharapkan mampu memberikan manfaat bagi masyarakat dalam memanfaatkan pekarangan rumahnya semaksimal mungkin dengan menanam berbagai tanaman untuk kebutuhan sehari-hari,'' ujar Ny. Selly Mantra.

Sementara Kepala Dinas Pertanian Denpasar, I Gede Ambara Putra mengatakan kali ini program sinergitas kembali dilaksanakan bersama PKK Denpasar dengan menyerahkan bibit hortikultura kepada masyarakat melalui PKK kecamatan, desa/kelurahan. Diharapakan sinergitas ini mampu bersama-sama memberikan manfaat positif di lingkungan keluarga berupa bibit cabai, sayuran, tomat untuk ditanam di pekarangan rumah masing-masing tanpa memerlukan lahan yang luas. Untuk bibit sayuran, Ambara mengatakan hanya butuh 15 hari untuk panen. Ambara juga menjelaskan sebelumnya pihaknya telah membagikan sebanyak 10.000 bibit tanaman horticultura untuk warga Denpasar yang terdampak. Hal ini dilakukan, agar warga yang baru mulai bercocok tanam dan paham cara-cara untuk memulai hingga proses panen. (Hms/R4) 

Read other related articles

Also read other articles

© Copyright 2021 BALIKINI.NET | BERIMBANG, OBYEKTIF, BERBUDAYA | All Right Reserved