-->

Kamis, 01 Juli 2021

Angkat Olahan Bunga Rosella Celup Asli Desa Tianyar, Karangasem Menangkan Juara 2 Lomba Bulan Bung Karno Provinsi Bali

 Angkat Olahan Bunga Rosella Celup Asli Desa Tianyar, Karangasem Menangkan Juara 2 Lomba Bulan Bung Karno Provinsi Bali


Bali Kini, Karangasem -
Serangkaian lomba-lomba berbasis Vlog diadakan oleh Pemerintah Provinsi Bali guna menambah semarak perayaan Bulan Bung Karno III, dengan mengangkat tema Wana Kerthi ,Taru Prana Bhuana dengan makna pohon sebagai nafas bumi.


Hal tersebut memacu generasi muda untuk turut berkreasi dalam mengikuti lomba Bulan Bung Karno Provinsi Bali. Hingga pada Rabu (30/06/2021) Putra dan putri asli Karangasem hadir sebagai penerima hadiah Juara di Gedung Ksirarnawa Art Centre, Denpasar.


Dengan kategori yang berbeda I Made Adriana asal Desa Budakeling Bebandem meraih Juara II kategori Lomba vlog UMKM IKM dan Ekonomi Kreatif Bali Bangkit Mesari dan Ni Putu Mila Andriani asal Desa Sibetan yang mewakili SMA N 1 Bebandem meraih juara I dalam kategori vlog pidato.


Keinginan dalam membantu UMKM Bangkit dimasa pandemi membuat I Made Adriana mengangkat Rossella celup yang diproduksi oleh UMKM Desa Tianyar Tengah, Kecamatan Kubu untuk dijadikan Vlog pada lomba Bulan Bung Karno Provinsi Bali.


"Dengan situasi seperti ini, sudah saatnya kita membantu sesama, melihat potensi bunga rossella yang tumbuh mekar dilahan tandus Desa Tianyar Kubu, membuat saya tertarik untuk mengangkatnya dalam karya vlog saya," terang Adriana.


Dirinya juga mengatakan sangat beruntung bisa dipertemukan dengan Wayan Musna Antara sebagai pemilik UMKM Kubu Rossella-19. "Tidak hanya memberikan dampak kepada warga Desa Tianyar sekitar dalam segi penghasilan, olahan rossella ini juga memberikan dampak baik kepada tubuh bila dikonsumsi secara rutin, hal tersebutlah yang saya dapatkan ketika mewawancarai Bapak Wayan Musna Antara," ucap Adriana.

 

Begitupula dengan Ni Putu Mila Andriani siswi SMA N 1 Bebandem tersebut mengungkapkan dengan pidato yang disampaikannya ingin memberikan pesan supaya generasi muda bisa mengaktualisasi Nilai-nilai Pancasila dimasa pandemi saat ini.


 "Bukan hanya Pemerintah, kita sebagai generasi muda harus selalu mengamalkan nilai Pancasila serta meneruskan semangat dari para pahlawan,bedanya dulu para pahlawan melawan penjajah, kita melawan virus Covid-19 dengan tetap mengedepankan protokol kesehatan,"ujar Mila Andriani.


Bupati Karangasem I Gede Dana yang hadir dalam kesempatan tersebut mengapreasi putra dan putri asli Karangasem tersebut yang berhasil mendapatkan Juara," Saya turut bangga dengan diraihnya 2 juara sekaligus dalam rangkaian lomba ini, selain mengharumkan nama Kabupaten Karangasem, ini juga menandakan bahwa generasi muda Karangasem memiliki bibit unggul yang tidak kalah dengan Kabupaten lainnya," ujar Gede Dana.*

Read other related articles

Also read other articles

© Copyright 2021 BALIKINI.NET | BERIMBANG, OBYEKTIF, BERBUDAYA | All Right Reserved