-->

Selasa, 27 Juli 2021

Bupati Tabanan Hadiri Kegiatan Bridging Leadership Bangga Kencana

Bupati Tabanan Hadiri Kegiatan Bridging Leadership Bangga Kencana


Tabanan ,Bali Kini  –
Bupati Tabanan, Dr I Komang Gede Sanjaya SE MM, didampingi oleh Sekda, Asisten 1, Kepala Dispenduk dan KB, serta OPD terkait Kabupaten Tabanan hadiri kegiatan Bridging Leadership Bangga Kencana yang diselenggarakan oleh Kementerian Dalam Negeri Republik Indonesia, di TCC Kabupaten Tabanan, Selasa (27/7)



Kegiatan Bridging Leadership Bangga Kencana (Program Pembangunan Keluarga Berencana) sebagai program unggulan dari Badan Koordinasi Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) dilaksanakan dengan mengusung materi utama, Integrasi Program Bangga Kencana Dalam Rangka Implementasi Fasilitasi Pemerintah Daerah dalam Penyusunan Kebijakan Pebangunan Kependudukan, ini dilakukan secara daring dengan dipimpin langsung oleh BKKBN dan Menteri Dalam Negeri selaku keynote speaker serta dihadiri oleh Para Gubernur dan Bupati selaku pimpinan daerah se-Indonesia melalui virtual zoom meeting. 


Sesuai dengan amanah Undang-undang Nomor 52 Tahun 2009 tentang Perkembangan Kependudukan dan Pembangunan Keluarga dan Undang-undang Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah, Kegiatan ini dilaksanakan guna menfasilitasi daerah melalui asistensi dan supervisi secara langsung. Dilatarbelakangi oleh pertimbangan upaya pembangunan kependudukan dalam mewujudkan sinergi, sinkronisasi dan harmonisasi pengendalian kuantitas, peningkatan kualitas, pembangunan keluarga, penataan persebaran dan pengarahan mobilitas serta penataan administrasi kependudukan di Indonesia. 



“Dengan adanya integrasi kependudukan dalam perencanaan daerah, diharapkan nantinya bisa menjadi langkah yang strategis dalam setiap program-program yang dirancangkan, seperti program kependudukan, keluarga berencana dan pembangunan keluarga” ungkap Bupati Sanjaya. Ia juga berharap kedepannya implementasi kegiatan ini bisa menjadi ujung tombak keberhasilan program KKB. 



Penyampaian materi dalam kegiatan berskala nasional ini, bertujuan untuk memperoleh kemudahan dalam tercapainya dan terlaksanannya penyusunan dan pemanfaatan Kebijakam Pembangunan Kependudukan, KB dan Pembangunan Keluarga (Bangga Kencana) di daerah; dan juga membangun komitmen Kepala Daerah dalam mendukung pelaksanaan Program Bangga Kencana serta Memperoleh dukungan anggaran terhadap program Bangga Kencana. 


Materi lainnya yang disampaikan, juga meliputi Kebijakan Program Bangga Kencana dan Penurunan Stunting, Kebijakan Strategis Perencanaan Nasional dalam rangka Bonus Demografi 2045, serta Pemaduan dan Sinkronisasi Kebijakan Pengendalian Penduduk ke dalam Perencanaan Pembangunan Daerah Melalui GDPK (Grand Desain Pembangunan Kependudukan). GDPK sendiri adalah program yang sudah lebih dulu dilakukan yang dalam pelaksanaannya diselenggarakan oleh Pemerintah Daerah secara terkoordinasi, terintegrasi, terpadu, dan juga mengikutsertakan peran masyarakat, dengan tujuan untuk tercapainya kualitas penduduk yang tinggi hingga mampu menjadi faktor penting dalam mencapai kemajuan bangsa. *

Read other related articles

Also read other articles

© Copyright 2021 BALIKINI.NET | BERIMBANG, OBYEKTIF, BERBUDAYA | All Right Reserved