-->

Selasa, 13 Juli 2021

Mulang Pekelem di Pura Pegubugan Agar Pandemi Covid Berahir

 Mulang Pekelem di Pura Pegubugan Agar Pandemi Covid Berahir


Bali Kini , Jembrana  -
Berbagai cara dilakukan agar wabah atau gering agung cepat berahir seperti  mulang pakelem di Pura Segara Pengambengan dilakukan  Bupati Jembrana I Nengah Tamba .

Kali ini bertempat  di Pura Pagubugan, yang berlokasi ditengah hutan wilayah Desa Manistutu Kecamatan Melaya.

Rangkaian upacara tersebut guna mendoakan agar pandemi covid-19 segera berakhir dan diberikan kerahayuan jagat.

Persembahyangan digelar terbatas  dengan protokol kesehatan yang ketat mengingat di tengah pelaksanaan PPKM Darurat.

Turut mendampingi dalam kegiatan tersebut Pj Sekda Jembrana I Made Budiasa, Asisten II I Gusti Ngurah Sumber Wijaya dan Staf Ahli I Komang Wiasa dengan jumlah peserta yang terbatas.

Bupati Jembrana I Nengah Tamba mengatakan persembahyangan dan mulang pakelem di Pura Pagubugan ini merupakan lanjutan dari rangkaian dari upacara sebelumnya yang sudah dilaksanakan di Pura Segara Pengambengan hari Minggu kemarin (11/7).

“Kemarin, sudah di Pura Segara Pengambengan. Lanjut hari ini, Senin (12/7) di Pura Pagubugan,sekaligus nyegara gunung ( dipantai dan digunung)," kata Tamba. 

Melalui serangkaian upacara tersebut, Bupati Tamba mengatakan ditujukan untuk kerahayuan jagat. Mendoakan agar pandemi covid-19 segera berakhir.

" Upaya Secara sekala lan niskala sudah dilakukan. Bersama kita mendoakan  agar pandemi Covid-19 segera berakhir. “ terangnya.

 Sementara untuk sarana persembahyangan menggunakan banten suci asoroh  dan mulang pekelem berupa bebek dan ayam hitam. 


" Astungkara seluruh rangkaian ucapara berjalan dengan lancar.Terima kasih kepada semua pihak yang terlibat, meskipun terbatas, " ucap Tamba.

Usai persembahyangan tidak lupa Ia turut mengajak seluruh masyarakat Jembrana mendoakan  agar gering agung (Pandemi Covid-19) ini segara sirna dari muka bumi dan ekonomi normal kembali.(ari )





Read other related articles

Also read other articles

© Copyright 2021 BALIKINI.NET | BERIMBANG, OBYEKTIF, BERBUDAYA | All Right Reserved