-->

Sabtu, 31 Juli 2021

Warga Desa Rendang Terima Bantuan Pompa Hidram Dari Pangdam IX/Udayana, Kini Tak Susah Cari Air

Warga Desa Rendang Terima Bantuan Pompa Hidram Dari Pangdam IX/Udayana, Kini Tak Susah Cari Air


Karangasem , Bali Kini -
Kodim 1623/Karangasem melalui Koramil 1623-03/Rendang tetap berusaha memenuhi kebutuhan air bersih bagi masyarakat Pedukuhan Rendang. Danramil 1623-04/Karangasem Kapten Inf. Wayan Suyadnya tetap menjalankan perintah Komando atas, dengan berjibaku bersama masyarakat Dusun Pedukuhan Desa Rendang membuat Pompa Hidran. Di Dusun Pedukuhan Desa Rendang Kecamatan Rendang dengan memanfaatkan sumber air di Tukad Jinah. 


Diketahui, kondisi desa tersebut berbukit. Masyarakatnya tinggal ditempat yang lebih tinggi dari sumber air, sehingga harus menempuh jarak kurang lebih 2 km guna memenuhi kebutuhan air bersih, yang diperkirakan membutuhkan 350 liter per harinya. Dimana terkadang mereka harus membeli air bersih tersebut. Namun karena penghasilan rata-rata penduduk hanya Rp. 30.000,-. sehingga terasa berat bila harus membeli air bersih. 


Rata-rata masyarakat di sana berprofesi sebagai petani yakni bercocok tanam salak, ubi atau keladi, ada pula yang menjadi peternak sapi atau babi.


Pengerjaan pondasi pemasangan kerangka besi dan pengecoran bak penampungan air yang sedang di kerjakan menggunakan pompa Hidran dengan panjang 2,40 m lebar 1,50 m  dan tinggi 1,20  m. Dimana sampai saat ini pengerjaannya telah mencapai 40% .


Komandan Kodim 1623/Karangasem Letkol Inf Bima Santosa memerintahkan Paster Kodim 1623/Karangasem Kapten Inf. I  Wayan Suatma untuk memfasilitasi pembuatan pompa hidran  tersebut dengan berkoordinasi ke Komando Atas, guna mewujudkan kebutuhan masyarakat. 


Sementara Pelaksana harian Babinsa Sertu Dewa Made Suarjana yang juga selaku pembina desa yang tahu kondisi masyarakat desa Rendang, mengatakan jika kebutuhan warga ini sangat mendesak. "Pompa yang akan dipasang  sebanyak 4 buah, dengan jarak dari lembah kedudukan pompa hidran ke penduduk  kurang lebih 2000 m, yang akan memenuhi kebutuhan air bersih untuk mayarakat sejumlah  60 KK dengan  160 jiwa, " Ungkapnya, Jumat (30/7/2021). 


Sementara dukungan dan apresiasi dari tokoh adat/Bendesa Adat Komang Witana serta Kepala Desa Nengah Kariasa sangat berpengaruh. Mereka pun berharap agar masyarakat dusun Pedukuhan Desa Rendang segera memanfaatkan keberadaan air tersebut di Dusun Pedukuhan Desa Rendang Kecamatan Rendang Karangasem. (Ami)

Read other related articles

Also read other articles

© Copyright 2021 BALIKINI.NET | BERIMBANG, OBYEKTIF, BERBUDAYA | All Right Reserved