-->

Selasa, 28 September 2021

Launching Sipandu Beradat, Bupati Suwirta : Amankan Lingkungan Berbasis Adat

  Launching Sipandu Beradat, Bupati Suwirta : Amankan Lingkungan Berbasis Adat


BALI KINI ■ Bupati Klungkung, I Nyoman Suwirta Launching Sistem Pengamanan Lingkungan Terpadu Berbasis Desa Adat (SIPANDU BERADAT) Kabupaten Klungkung di Ruang Rapat Praja Mandala Kantor Bupati Klungkung, Selasa (28/9). Tutut hadiri dalam acara tersebut Kapolres Klungkung, AKBP Made Dhanu Ardana, Sekrataris Daerah Kabupaten Klungkung, I Gede Putu Winastra, Kasdim Kodim Kodim 1610/Klungkung, Bendesa Madya Majelis Desa Adat Kabupaten Klungkung, I Dewa Made Tirta

Bupati Suwirta dalam sambutannya mengatakan Sipandu Beradat, merupakan wujud implementasi Perda Provinsi Bali No. 4 Tahun 2019 tentang Desa Adat di Bali dan Peraturan Gubernur Bali Nomor 26 Tahun 2020 tentang Sistem Pengamanan Lingkungan Terpadu Berbasis Desa Adat untuk mewujudkan kehidupan Krama Bali yang sejahtera dan bahagia sakala-niskala sesuai dengan Visi Pembangunan Daerah “Nangun Sat Kerthi Loka Bali” melalui Pola Pembangunan Semesta Berencana menuju Bali Era Baru.

Lebih lanjut secara fungsi, Forum Sipandu Beradat memiliki fungsi pre-emtif dan preventif. Dalam melaksanakan fungsi pre-emtif, Forum Sipandu Beradat memiliki tugas mengumpulkan data yang berpotensi memunculkan situasi gangguan ketertiban, ketentraman, keamanan, dan kerawanansosial; menerima laporan terjadinya potensi gangguan ketertiban, ketentraman, keamanan, dan kerawanan sosial; menganalisis data dan laporan mengenai potensi terjadinya gangguan ketertiban, ketentraman, keamanan, dan kerawanan sosial; melaporkan temuan/potensi gangguan ketertiban, ketentraman, keamanan, dan kerawanan sosial kepada pejabat yang berwenang; menyampaikan rekomendasi penyelesaian masalah; dan menyampaikan laporan berkala atau sewaktu-waktu bilamana diperlukan.

Bupti Suwirta juga berharap dengan Sipandu Beradat bersama melakukan pengemanan yang terpadu dan bersinergi dengan pecalang dilaksanakan pada saat dalam pelaksanaan upacara Agama, Upacara Adat dengan mengedepan kearipan lokal yang berbasis Desa Adat untuk memudahkan pengaturan masyarakat yg melaksanakan upacara. "Mari bersatu mengamankan klungkung ini dengan spirit gema santi dan berbasis adat menuju klungkung yang unggul dan sejahtera" ujar Bupati Suwirta

Bendesa Madya Majelis Desa Adat Kabupaten Klungkung, I Dewa Made Tirta mengatakan forum Sipandu Beradat untuk  membangun ketertiban dan kemanan berbasis desa adat yang bersinergi dengan negara di dalam mengayomi dan menangani masalah yang berkaitan dengan ketertiban, keamanan masyarakat. "Desa Adat sudah bersinergi dengan Kepolisian dan TNI, hingga Pemerintah Daerah untuk mewujudkan Bali aman, damai, rukun," ujar Dewa Made Tirta (klk/yande).
 

Read other related articles

Also read other articles

© Copyright 2021 BALIKINI.NET | BERIMBANG, OBYEKTIF, BERBUDAYA | All Right Reserved