-->

Sabtu, 20 Februari 2016

PDIP Usung Calon Petahana di Pilkada Buleleng

PDIP Usung Calon Petahana di Pilkada Buleleng

 
Balikini.Net -Ketua DPD PDIP Provinsi Bali Wayan Koster, mengatakan, pihaknya akan memberikan prioritas kepada calon petahana pada Pilkada Buleleng 2017 mendatang. Keputusan untuk mengusung incumbent ini, bahkan sudah menjadi amanat DPP PDIP.

"Sudah menjadi keputusan dan menjadi kebijakan umum partai untuk (mengusung) incumbent,” kata Wayan Koster, usai rapat di Sekretariat DPD PDIP Provinsi Bali di Denpasar, Kamis (18/2).

Walau memutuskan memprioritaskan incumbent, PDIP tetap saja melakukan penjaringan bakal calon di internal partai. Menurut Koster, hal ini dilakukan untuk memberikan kesempatan kepada tokoh masyarakat yang ingin ambil bagian dalam perhelatan Pilkada Buleleng.

Apalagi sejak pendaftaran calon dibuka, sudah ada masyarakat yang mengambil formulir pendaftaran. Salah satunya adalah Marawati, yang berprofesi sebagai pedagang Koran. "Keinginan masyarakat itu sangat bagus dalam berdemokrasi dan PDIP juga membuka pintu lebar kepada semua bakal calon lainnya untuk mengikuti penjaringan," tegas Koster.

Disinggung alasan PDIP mempertahankan incumbent pada Pilkada Buleleng, Koster mengatakan, hal tersebut merupakan kebijakan partai. Di samping itu, calon incumbent di Buleleng selama lima tahun terakhir, tidak ada tersangkut proses hukum.

Bukan itu saja, dalam pengamatan Koster, pembangunan di Kabupaten Buleleng selama kepemimpinan duet Putu Agus Suradnyana - Sutjidra, juga tidak ditemukan ada permasalahan. "Bagi saya, selama ini tidak ada yang bermasalah. Kepemimpinan bupati sekarang tidak jelek-jelek amatlah. Tidak ada tersangkut masalah hukum juga. Jadi kami akan memberikan prioritas lebih kepada incumbent,” tandas Koster.

Kebijakan PDIP untuk mengusung calon petahana di Pilkada Buleleng 2015 ini, tak mengejutkan. Sebab pada Pilkada serentak di enam kabupaten dan kota di Bali 9 Desember lalu, PDIP juga mengusung pasangan calon incumbent untuk empat kabupaten dan kota. Khusus untuk dua kabupaten lain, PDIP mengusung figur baru karena tak ada incumbent di dua daerah itu.

Dari kebijakan ini, PDIP meraih hasil manis. Sebab empat pasangan calon petahana yang diusung PDIP semuanya tampil sebagai pemenang, masing-masing di Pilkada Kota Denpasar, Pilkada Tabanan, Pilkada Bangli, dan Pilkada Jembrana. Bahkan, PDIP juga sukses memenangkan Pilkada Badung, walau gagal memenangkan Pilkada Karangasem. (MSE/r07)




Read other related articles

Also read other articles

© Copyright 2021 BALIKINI.NET | BERIMBANG, OBYEKTIF, BERBUDAYA | All Right Reserved