-->
News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Goa Raja, Lokasi Spiritual di Jantung Kota Tabanan

Goa Raja, Lokasi Spiritual di Jantung Kota Tabanan

[Jro Mangku Di dalam Goa ]
Balikini.Net - Goa Raja selama ini disebut-sebut sebagai lokasi spiritual yang tersembunyi yang berada di jantung kota Tabanan. Walau berada di pusat kota, namun sangat jarang yang mengetahui keberadaan Goa Raja. Justru keberadaan tempat-tempat ini di ketahui oleh umat hindu luar Bali. Lokasinya memang cukup unik, karena terletak dikedalam 10 meter dari permukaan tanah .


Tempat persembahyangan bernama  Goa Raja ini  mirip dengan Goa Giri Putri yang terdapat di Nusa Penida  ruangan yang luas dan bayak terdapat arca  selain sumber air yang cukup jernih,

bahkan tempat persembahyangan ini  bagaikan mutiara yang tersembunyi  selain itu goa ini juga sangat sakral  banyak kejadian yang pernah terjadia .
Jro Mangku Sruti salah satu sesepuh warga grogak yang telah mewariskan  Pura Goa Raja ini harus berhadapan dengan investor yang sempat ingin menimbun Goa ini untuk di jadikan perumahan .

Berkat perjuangan Jro Mangku bersama Istri  meskin mendapatkan banyak rintangan  namun semua hal itu bisa berlalau dan setelah kejadian itu investor yang sebelumnya berkeinginan untuk menimbun goa itu pun mngalamai sakit tanpa sebab dan akhirnya meninggal .

‘’ tiang hanya bisa pasrah saat itu dan serahkan kepada tuhan karena tiang tidak bisa melawan kecuali doa yang tiang bisa perbuat yang akhirnya tuhan mengabulan permintaan tiang akhirnya bisa menyelamatkan goa ‘’ ujarnya .

Terpendamnya satu diantara mutiara spiritual yang sangat dekat dengan jantung kota Tabanan ini  bisa disebut sangat unik  uniknya  apalagi warga di sekitar  pura yang berlokasi di desa delod peken ini   banyak yang tidak mengetahui keberadaannya .

Pura ini lebih banyak di kenal warga dari dunia maya  termasuk tokoh spritual dan sejumlah pejuang timor timur banyak yang mencari ketenagan sebelum mereka  di tugaskan sebelum timtim merdeka .

Sejak beberapa tahun terakhir ini banyak umat hindu dari luar Bali  tertarik untuk datang dan melakukan persembahyangan tidak itu saja  beberapa pelaku spiritual dari tanah jawa dan penganut non hindu juga sempat mengunjungi pura Goa ini .

Selain itu sejumlah umat yang datang ke tempat ini juga banyak yang berulang ulang datang kembali  selain mereka mendapat ketenangan mereka juga sering melukat di dalam Goa.

[pemendek keluar dari mulut goa ]
Diperkirakan keberadaan Pura Goa Raja ini telah di bagun sejak jaman prasejarah  mengingat banyak terdapat peningalan purbakala seperti lingga yang terkubur di tempat ini

Pura Goa Raja taksaka saat ini  mau tidak mau  diakui   sebagai sebuah tempat persembahyangan hindu  namun semua umat yang datamg melakukan meditasi di tempat ini  terus semakin bayak  tiap harinya .

Kedatangan umat tersebut justru dikarenakan adanya sebuah pawisik  untuk tangkil di Pura Goa raja   dalam segala keterbatasannya terutama keterbatasan oleh pengetahuan kepemangkuan  beliau ada saja selalu yang mau membantu untuk memberikan bimbingan akan sloka sloka dalam tuntunan upacara .

Bagi anda yang penasaran akan tempat spritual ini  tidak ada salahnya untuk datang dan mengerahui dari dekat keberadaan Goa Raja  yang berlokasi di jantung kota tabanan  di pastikan anda akan merasa nyaman dan dapat mencari infirasi di tempat ini .[Derana ]

Tags

Newsletter Signup

Sed ut perspiciatis unde omnis iste natus error sit voluptatem accusantium doloremque.