-->

Jumat, 01 Desember 2017

Refleksi HUT ke XV Pascasarjana UNHI, Alumni Tembus 1.865 Orang

Refleksi HUT ke XV Pascasarjana UNHI, Alumni Tembus 1.865 Orang

Denpasar, Balikini. Net- Diusianya yang ke 15 tahun, Program Pascasarjana Unhi telah menelurkan 1.865 magister dan doktor yang telah tersebar di seluruh negeri, untuk mengisi sumber daya manusia (SDM) khususnya di bidang pengembangan agama Hindu. Demikian dikatakan Direktur Program Pascasarjana Unhi Prof. Dr. Putu Gelgel, SH.,MH., saat merayakan puncak HUT ke-15 lembaga, di kampus setempat, Kamis (30/11).

Dari sekian alunmi yang tersebar pihaknya  ingin mengecek alumni, apakah sudah bekerja atau belum. "Ya perlu adanya pelacakan alumni apa masih menganggur  atau sudah bekerja, sebagai laporan akreditasi. Paparnya.

Lanjut Gelgel diusia yang ke XV ini mahasiswa pascasarjana UNHI berjumlah  621 orang. Karena ada perubahan regulasi, jumlah dosen tetap berjumlah 27orang. Terdiri dari 8 orang guru besar dan 19 doktor dan 9 orang pegawai.

Adapun perkuliahan sudah diupayakan berjalan dengan tertib, disiplin, dan pemerataan , tidak ada Matakuliah yang diberikan kurang dari 12 kali pertemuan dalam satu semester, seluruh dosen juga diusahakan  dilibatkan dalam perkuliahan maupun ujian-ujian.

Disamping melakukan kuliah reguler, Pasca UNHI juga melakukan kuliah umum,  dan melakukan seminar-seminar guna menambah wawasam akademik para mahasiswa. Tak kalah penting, ada beberapa penelitian juga dilakukan yakni ada 9 penelitian dilakukan dalam tahun 2017, baik oenelitian kelompok maupun individu. Penelitian-penelitian tersebut dibiayai dari Hibah Dikti, Kemenag, RAB Unhi dan Pascasarjana. Nantinya hasil penelitian tersebut disebar kepada para dosen guna mempublikasikan ke jurnal Nasional maupun Internasional.

Disamping Penelitian, ditahun 2017 ada 4 buku yang diterbitkan oleh Pascasarjana. "Kami targetkan minimal 4 buah buku terbit setiap tahun dan tahun depan harus lebih banyak" tegasnya

Selain buku, Jurnal Dharma Smerthi juga terbit setiap lima bulan sekali. Kedepan tak sekedar terbit, Jurnal Pascasarjana ditingkatkan statusnya menjadi Jurnal Terakreditasi.

Turut hadir Rektor Unhi  Dr. Ida Bagus Dharmika, M.A., menyampaikan  selamat hari jadi yang ke XV dan diusia le 15 tahun, Unhi sudah banyak menyumbang kepada negara, namun bukan berupa uang. Melainkan 1865 orang alumni yang memiliki SDM yang berdaya saing. Harapan kedepan bisa melahirkan 2 program Pasca S2 Ekonomi dan Tehnik dan Akreditasi Meningkat. Ujarnya.



Serangkain HUT yang ke XV ini, ada beberapa rangkaian kegiatan yang dilakukan. Diawali mulai hari Senin tanggal 13 November 2017, melaksanakan Tirtayatra ke Pura Dalem Balingkang, Sabtu (18/11)Melakukan Seminar Hasil Penelitian, Selasa (21/11) kegiatan Studium Generale tentang Antrhopologi Pendidikan oleh Prof. Gede Wija, P, Hd., Sabtu (25/11) melakukan Yoga Massal dan Cek Kesehatan, dan yang terakhir Minggu (26/11) melakukan Pengabdian ke Posko Pengungsi di Desa Sukahet, Sidemen.

Diakhir penutup acara, beberapa alumni turut memeriahkan HUT ini, menghibur  dengan Bondres. Suasanapun kembali ramai, sorak dan  tepuk tangan membuat suasana berubah.[bud/r5]


Read other related articles

Also read other articles

© Copyright 2021 BALIKINI.NET | BERIMBANG, OBYEKTIF, BERBUDAYA | All Right Reserved