-->

Senin, 23 Desember 2019

Pemkab Karangasem Mengucapkan Selamat Hari Natal dan Tahun Baru 2020

Pemkab Karangasem Mengucapkan   Selamat Hari Natal dan Tahun Baru 2020

Bali Kini - Seluruh masyarakat Karangasem melalui Bupati IGA Mas Sumatri didampingi Wakil Bupati I Wayan Artha Dipa mengucapkan Selamat Hari Raya Natal bagi seluruh umat Nasrani baik di Karangasem dan Bali pada umumnya, sekaligus selamat merayakan Tahun Baru 2020.

Melalui momentum Natal 2019 ini, Bupati mengajak masyarakat semakin memperkokoh toleransi melalui landasan Bhinneka Tunggal Ika dalam bingkai NKRI. Apalagi, semangat toleransi di Kabupaten berjuluk Gumi Lahar tersebut sudah terjalin sejak zaman kerajaan.

Ia juga meminta, umat Nasrani turut berkontribusi terhadap pembangunan di Karangasem. "Kami mengharapkan peran serta seluruh umat beragama. Karena kita adalah saudara. Selamat merayakan Hari Raya Natal bagi saudara penganut Nasrani," ucap Bupati Mas Sumatri di Karangasem, Senin (23/12).

Visi Karangasem "The Spirit of Bali", menurut Mas Sumatri tidak saja diperuntukkan bagi umat Hindu, melainkan seluruh umat beragama. Sebab pada dasarnya Tuhan hanya satu yang membedakan adalah cara menyembahnya. 

Landasan Tri Hita Karana, lanjut Bupati perempuan pertama ini, juga bisa diimplementasikan oleh seluruh umat beragama karena sifatnya universal. "Tri Hita Karana yang menjadi fondasi pembangunan Karangasem sangat universal, apapun agamanya mesti menyeimbangkan hubungan yang harmonis dengan Tuhan (sesuai kepercayaan), alam dan sesama manusia," tegasnya.

Terkait tahun baru 2020, Bupati Mas Sumatri mengimbau warganya untuk introspeksi diri atas pencapaian tahun sebelumnya. Ia berharap, pergantian tahun mampu membawa perubahan positif bagi masing-masing individu, keluarga, bangsa dan negara.

Sebagai kepala daerah, Ia juga mengaku bakal melakukan evaluasi di tahun baru ini. Pihaknya mengharap kritik yang membangun dari Krama Karangasem demi mewujudkan Karangasem Bermartabat dan Sejahtera. "Sudah empat tahun lebih kami memimpin Karangasem. Tiap tahun kami lakukan evaluasi, karena tentu kami tidak sempurna," kata Mas Sumatri. (hms)

Read other related articles

Also read other articles

© Copyright 2021 BALIKINI.NET | BERIMBANG, OBYEKTIF, BERBUDAYA | All Right Reserved