-->

Kamis, 05 Maret 2020

Semarak Perayaan Kuningan di Inggris

Semarak Perayaan Kuningan di Inggris

Inggris,BaliKini.Net - Aula Hotel Campanile menjadi saksi kemeriahan pelaksanaan perayaan hari raya Kuningan yang dilaksanakan oleh komunitas warga Bali, Banjar Bali ring United Kingdom. Acara yang dihadiri oleh lebih dari seratus warga Banjar Bali UK ini diawali dengan persembahyangan bersama tepat pada pukul dua belas waktu setempat.

Deretan pajegan dan sarana persembahyangan menambah kental nuansa Bali pada hari itu. Warga melantunkan Kidung Wargasari Turun Tirta seusai Panca Sembah yang dipimpin oleh Putu Sudiana, salah seorang warga Banjar Bali UK.

Tak hanya itu, deretan kuliner khas Bali seperti lawar, jukut undis, sate lilit dan kudapan khas seperti jaja tape uli dan jaja lak-lak juga disajikan untuk seluruh warga yang hadir dari pagi hingga sore hari tersebut.  Acara juga dimeriahkan dengan suguhan Tari Cendrawasih dan Tari Pendet yang dibawakan oleh warga Banjar Bali UK serta lomba mewarnai dan menggambar untuk anak-anak yang turut hadir.

Acara perayaan Kuningan tersebut didukung oleh Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) London yang diwakilkan oleh Juliartha Nugrahaeny, Sekretaris Pertama Fungsi Penerangan dan Sosial Budaya, yang saat ini bertugas di KBRI London. "KBRI London mengucapkan selamat merayakan Hari Raya Kuningan bagi saudara-saudara yang merayakan dan merasa gembira menyaksikan antusiasme warga Banjar Bali untuk bersilahturahmi di kesempatan yang baik ini. KBRI London berharap agar kolaborasi antara KBRI London dan Banjar Bali dapat terus ditingkatkan untuk mempromosikan Indonesia di Inggris Raya melalui berbagai kesempatan." ungkap sosok yang selalu dekat dengan warga Indonesia di Inggris Raya ini.

Ketua pelaksanan perayaan hari raya Kuningan, I Gusti Ngurah Beni Setiawan menyampaikan rasa suka cita yang mendalam atas kehadiran perwakilan KBRI London dan antusiasme warga diaspora Bali yang turut hadir pada hari itu. "Acara seperti ini menjadi simbol semangat persaudaraan antar warga diaspora Bali dan juga obat rindu kita semua pada kampung halaman." Sementara itu, Wayan Gunawan, yang merupakan salah satu pemrakarsa Banjar Bali ring United Kingdom, mengungkapkan bahwa semangat menyama braya warga selalu kuat sejak pertama kali kegiatan serupa ini dilakukan mulai tahun 2015. 

Komunitas warga Bali, Banjar Bali ring United Kingdom sebelumnya diresmikan langsung oleh Dr. Rizal Sukma, Duta Besar Republik Indonesia untuk Kerajaan Inggris dan Irlandia, pada bulan November 2019 di kota Bournemouth, Inggris. Ketut Artawan Pande dan A.A.Gde Kembara Eka Susila dipercaya untuk mengemban tugas Ketua dan Wakil ketua Banjar Bali UK saat ini. [*]

Read other related articles

Also read other articles

© Copyright 2021 BALIKINI.NET | BERIMBANG, OBYEKTIF, BERBUDAYA | All Right Reserved