-->

Selasa, 23 November 2021

Basarnas Bali Terima Audiensi Dari Konsul Jenderal Australia

Basarnas Bali Terima Audiensi Dari Konsul Jenderal Australia


Jimbaran , Bali Kini - 
Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan Denpasar (Basarnas Bali) menerima kunjungan dari Konsulat Jenderal Australia, Selasa (23/11/2021) siang. Audiensi tersebut dalam rangka membangun koordinasi dan juga memahami prosedur kerja dalam pencarian dan pertolongan di Basarnas Bali. 


Banyaknya wisatawan dari Australia yang banyak berlibur ke Bali, Anthea Griffin sebagai Konsul Jenderal Australia di Bali, NTB dan NTT merasa perlu menjalin hubungan baik dengan Basarnas Bali. "Saya ingin mengetahui apabila ada kedaruratan bagaimana selanjutnya yang harus dilakukan," pungkasnya. 


Selanjutnya ia menyempatkan diri melihat prasarana yang dimiliki Basarnas Bali dalam mendukung proses operasi SAR. Di ruang command center, Kepala Kantor Basarnas Bali, Gede Darmada, S.E., M.A.P menjelaskan prosedur kerja setelah menerima laporan dan juga menunjukkan bagaimana aplikasi marine traffic bisa memantau kapal-kapal yang melintas di perairan seputar Bali. 


Pada kesempatan itu, Gede Darmada mengungkapkan bahwa hubungan kerjasama antara SAR Indonesia (Basarnas) dengan AMSA (Australian Maritime Safety Authority) sudah berjalan baik. Kerja sama yang telah berjalan berkelanjutan diantaranya melalui pelatihan SAR bersama (Ausindo) dan juga pertukaran pegawai. 


"Terakhir kali kami menangani nelayan yang kapalnya tenggelam dan diselamatkan kapal Australia, HMAS Anzac," ungkap Darmada. Setelah diterima informasi kejadian, Basarnas Bali melaporkan ke pusat dan segera ditindaklanjuti dengan berkomunikasi untuk meminta bantuan AMSA. 


Di akhir sesi pertemuan, Gede Darmada memaparkan tentang profil singkat dan sebaran Alut serta personil yang ada di Bali. Anthea Griffin mengapresiasi dengan kemampuan personil serta sarana dan prasarana yang dimiliki Basarnas Bali, ia juga berterimakasih atas penerimaan juga penjelasan yang diberikan. 


Sebelum berakhirnya kunjungan, Kepala Basarnas Bali memberikan cinderamata dan diungkapkannya apabila ada kesempatan ia juga akan melakukan audiensi ke Kantor Konsul Australia yang ada di Bali. (ay/2)

Read other related articles

Also read other articles

© Copyright 2021 BALIKINI.NET | BERIMBANG, OBYEKTIF, BERBUDAYA | All Right Reserved