-->

Jumat, 15 September 2017

Hektaran Tanaman Padi di Desa Abuan Terancam Gagal Panen

Hektaran Tanaman Padi di Desa Abuan Terancam Gagal Panen

Bangli,Balikini.Net -- Sekitar 14 hektar sawah  tanaman padi yang ada pada wilayah Subak Mundung mengalami gagal panen .Musim kemarau yang berkepanjangan dampaknya mulai dirasakan  oleh petani. Dimana, akibat menurunnya debit air yang mengalir ke irigasi subak,ditambah adanya proyek irigasi, membuat tanaman padi mengalami kekeringan. Bayang-bayang gagal penen pun menghinggapi petani di subak mundung tempek Abuan,Susut.

Pantauan di Subak Mundung, DesaAbuan , Kecamatan Susut, Bangli, sekitar  puluhan  hektar lahan tanaman padi terancam mati akibat tidak mendapatkan pasokan air. Kondisi ini paling parah dialami wilayah subak paling hilir. Tanaman padi yang umur mencapai 1 hingga dua bulan itu  mulai layu dan meranggas bahkan ada yang baru satu minggu. Tanah sawah petani tampak pecah dan warnanya memutih.

Menurut salah seorang petani I Ketut Diarsa  saat dimintai keterangan terkait tidak adanya air Jumat (15/09/2017)mengatakan,sebenarnya petani sudah diberikan pengarahan oleh Kelian Subak akan ada proyek irigasi untuk  dua subak yaitu Subak Mundung Tempek Abuan dan Subak Sala,namun petani tidak menuruti dengan berspekulasi adanya air turun dari langit(hujan).Diperkirakan bulan September hingga Desember musim hujan"Saya ikut-ikutan menanam padi,jika tidak takut dibilang malas oleh yang lain.Kerugian sekitar jutaan rupiah,apaboleh buat itu sudah resiko"ujarnya.

 Sementara itu Kelian Subak Mundung Tempek Abuan  I Wayan Sugatra saat dikonfirmasi terpisah membenarkan lahan  tanaman padi di wilayah Desa  Abuan mengalami kekerinagan akibat debit air yang mengalir di saluaran irigasi mengalami penurunan sebagai akibat kemarau panjang. Disamping itu adanya proyek perbaikan saluran irigasi dari pemerintah.Dia sudah menyampaikan kepada warganya untuk tidak menanam padi karena ada program pemerintah  memperbaiki saluran irigasi, namun petani juga tetap  melakukan"Sudah disosialisasikan kepada petani namun berdalih untung-untungan jika proyek jalan diperkirakan musim hujan akan tiba karena sudah memasuki bulan September"ungkapnya.

 Lebih lanjut disampaikan, sekitar 14 hektar sawah  tanaman padi yang ada pada wilayah Subak Mundung mengalami gagal panen . Ada umur padi baru dua bulan tidak dapat pasokan air makanya  tanaman padi kelihatan layu, “Tanaman padi yang kekurangan air di wilayah kami mencapai  hektaran. Petani berharap hujan turun sehingga petani tidak sampai gagal panen,”harapnya. (anggi/r6)

Read other related articles

Also read other articles

© Copyright 2021 BALIKINI.NET | BERIMBANG, OBYEKTIF, BERBUDAYA | All Right Reserved